Pemkab Sidoarjo Ajak Milenial Bersinergi Sebarkan informasi

J. Siswojo (tengah belakang) didampingi Evi Rupitasari (no 4 dari kiri) dan Farida Puspitasari (no 3 dari kiri) kumpul bersama puluhan kader KIM se-Sidoarjo seusai mengikuti kegiatan pembinaan yang digelar Diskominfo Sidoarjo.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Sebagai bentuk komitmen membangun dan mempertahankan kearifan lokal di bidang seni dan budaya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo pun juga turut memfasilitasi jaringan internet hingga ke pelosok desa.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sidoarjo, J. Siswojo saat membuka kegiatan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) bertema "Optimalisasi Peran Serta KIM sebagai Produsen Informasi di Era Revolusi Industri 4.0" yang diikuti 50 peserta kader KIM se-Sidoarjo di Ruang Pertemuan Setda "Delta Karya", Sidoarjo, Rabu (26/6/2019).

"Memfasilitasi jaringan internet ke pelosok desa, dimaksudkan agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses, mengeksplor dan memberdayakan potensi desa, sehingga menunjang perekonomian mereka menjadi lebih baik, "jelasnya.

Berkaitan hal itu, sambung Siswojo, pihaknya mengajak generasi milenial bersinergi dalam penyebaran informasi secara kreatif dan bisa dipertanggungjawabkan melalui media sosial sebagai citizen journalist (jurnalis warga) di desanya.

"Mari kita manfaatkan jalur informasi berbasis IT. Apapun potensi desa bisa diekspos ke dunia melalui media daring atau media sosial, seperti youtube, instagram atau facebook, "ujarnya.

Kegiatan pembinaan KIM tersebut, diisi tiga pemateri dari Diskominfo, yaitu Evi Rupitasari (Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik), Kusdianto (Kasi Media dan Kemitraan) dan Farida Puspitasari (Kasi Pengembangan Aplikasi dan Informatika). Selain itu, juga pemateri dari KIM yang diwakili Rozi (Ketua KIM "Melati" Buduran).

Sebagai pemateri, Evi Rupitasari memaparkan pentingnya pembentukan KIM, sedangkan Kusdianto mengutarakan strategi menangkal berita hoaks di media sosial, lalu Farida Puspitasari mengetengahkan komunitas IT dan pengembangan aplikasi "Rumah Sidoarjo". Terakhir, Rozi membahas peran KIM.

Penulis: Wachid Yulianto
Photographer: Wachid Yulianto

Baca Juga