Era Revolusi Industri 4.0

Pemkab Sidoarjo dan BPPT Kembangkan Teknologi Pengelolaan Sampah

Bupati Saiful Ilah (berkopyah) dan pihak BPPT usai penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) tentang pengembangan teknologi pengelolaan sampah. (foto: istimewa)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Guna pengembangan teknologi pengelolaan sampah terpadu dan pengembangan Sumberdaya Alam, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.

Kesepakatan itu dilaksanakan dalam acara rapat kerja Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA) di Hotel Santika, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (11/7/2019).

Acara ini, selain dihadiri Deputi Kepala Bidang TIEM BPPT, Eniya Listiani Dewi, Kepala BPPT, Hammam Riza dan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, juga sejumlah Kepala Daerah lainnya yang mendapatkan undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Saiful Ilah menyampaikan, pihaknya mengapresiasi upaya BPPT yang memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pemerintah daerah, terutama Kabupaten Sidoarjo dalam pengembangan teknologi pengelolaan sampah dan sumberdaya alam.

"Kesepakatan bersama ini diharapkan, selaras dengan kemajuan zaman, apalagi saat ini memasuki era revolusi industri 4.0, semuanya serba digital, " katanya.

Dijelaskan Bupati Saiful Ilah, kesepakatan bersama yang diteken Pemkab Sidoarjo dan BPPT itu, meliputi: 1. Pengkajian dan kebijakan teknologi; 2. Pengkajian dan penerapan teknologi di bidang agro-industri dan bio-teknologi; 3. Pengkajian dan penerapan teknologi di bidang pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan; 4. Pengkajian dan penerapan teknologi industri rancang bangun dan rekayasa; serta 5. Pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material.

“Karenanya, saya harap masyarakat Sidoarjo mendukung program kerja Pemkab dalam pembangunan teknologi ini. Semoga bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Sidoarjo, " ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPPT, Hammam Riza mengemukakan, MoU ini bentuk komitmen kerja sama BPPT memberikan dukungan dan melakukan kajian menyeluruh terhadap pemerintah daerah dalam mewujudkan peningkatan mutu pembangunan di daerah.

“Bagi pemerintah daerah yang menjadi sasaran program kerja, kami harapkan pula, proses perencanaan dan realisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah bersinergi, efektif dan efisien dengan dukungan berbagai teknologi terbarukan, " ujarnya.

Di sela - sela acara, Bupati Saiful Ilah memanfaatkan momen tersebut untuk berdiskusi dengan Hammam Riza soal volume sampah di Sidoarjo yang mencapai ribuan ton.

Selain itu, juga dibahas peluang kerjasama teknologi pengelolaan sampah untuk menghasilkan energi listrik.  "BPPT langsung merespon positif dan sanggup memfasilitasi pembangunan instalasi listrik tenaga sampah (PLTSa) di Jabon, Sidoarjo, " ungkap bupati.**

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga