Pemkab Sidoarjo Siap Realisasikan Transaksi Non-Tunai

Tampak, Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat menghadiri acara penandatanganan pembentukan TP2DD di Shangri-La Hotel, Surabaya.
Tampak, Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat menghadiri acara penandatanganan pembentukan TP2DD di Shangri-La Hotel, Surabaya.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Pemkab Sidoarjo siap merealisasikan program percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, serta transaksi non-tunai di tengah pandemi Covid-19 ini.

Hal itu disampaikan Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali saat menghadiri acara penandatanganan pembentukan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), digelar Pemprov Jatim, bertempat di Shangri-La Hotel, Surabaya, Kamis (15/4/2021).

"Program percepatan dan digitalisasi daerah ini sangat penting, kami segera merealisasikannya," katanya.

Dijelaskan Bupati Muhdlor, Sebenarnya Pemkab Sidoarjo sudah pernah mengadakan uji coba program transaksi non-tunai pertengahan 2020 lalu.

"Yakni, uji coba program transaksi non-tunai bagi puluhan pedagang di Pasar Tulangan. Program ini dimotori Disperindag kerja sama dengan salah satu bank BUMN untuk mengurangi transaksi tunai dan meminimalisir penyebaran Covid-19," ujarnya.

Selain itu, sambungnya, pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Layanan yang ditangani BPPD ini pun telah menggunakan sistem pembayaran non-tunai.

"Masyarakat bisa membayar PBB secara non-tunai melalui aplikasi E-PBB yang dikelola BPPD bersama bank pemerintah dan swasta," katanya.

Kemudian, Bupati Muhdlor menegaskan, pihaknya bakal mengkaji ulang dan mendorong OPD - OPD terkait, agar menciptakan inovasi program berbasis digitalisasi.

"Inovasi program berbasis digitalisasi ini, untuk migrasi transaksi dari tunai ke non-tunai," tandasnya.

TP2DD itu program prioritas pemerintah pusat, bertujuan meningkatkan PAD dan memberikan kemudahan percepatan transaksi di masa pandemi Covid-19.

Pembentukan TP2DD di Jawa Timur, Gubernur Khofifah Indar Parawansa telah menunjuk enam belas kepala daerah, termasuk Bupati Sidoarjo.***

Penulis: Wachid Yulianto

Baca Juga