Pemkab Sinjai Gratiskan Rapid Test Antigen Bagi Peserta SKD

Ilustrasi.

AKURATNEWS - Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan melalui Dinas Kesehatan memberikan layanan rapid test antigen Covid-19 gratis.

Layanan gratis tersebut diperuntukkan bagi peserta CPNS dan CPPPK warga Sinjai yang akan mengikuti tes SKD tahun 2021 ini.

Hal itu dibuktikan dengan KTP Sinjai. Apabila memiliki KTP di luar Sinjai, maka harus menyertakan Surat Keterangan Domisili dari pemerintah setempat.

"Tidak dipungut biaya atau gratis. Bentuk perhatian Pemkab Sinjai untuk memudahkan akses masyarakat, terutama pendaftar CPNS dan CPPPK," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, Farina Irfani, Jumat (10/9/2021).

Ia juga menjelaskan bahwa rapid antigen dilakukan bertujuan untuk memastikan peserta aman, meningkatkan jumlah screening, dan pengendalian Covid-19.

"Lokasi layanan ini bisa dipilih sesuai faskes domisili terdekat (14 faskes) oleh peserta di link pendaftaran https://s.id/RapidTesAntigenGratisCPNSP3KKabSinjai. Saat akan melakukan pemeriksaan nantinya, peserta membawa bukti pendaftaran online (print) beserta fotocopy KTP dan Kartu ujian SKD," jelasnya.

Diketahui, test antigen atau PCR merupakan persyaratan bagi masyarakat yang ingin mengikuti tes CPNS dan CPPPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sinjai.

Hal itu dilakukan masing-masing peserta CPNS, sebelum mengikuti ujian pada akhir bulan ini.

"Wajib seluruh CPNS, salah satunya bisa melakukan antigen atau PCR," kata Kepala BKPSDMA Sinjai, Lukman Mannan, Jumat (3/9/2021).

Ia juga mengatakan bahwa berdasarkan hasil rapat Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, biaya antigen atau PCR ditanggung oleh masing-masing peserta CPNS.

Untuk jadwal tes CPNS Kabupaten Sinjai dijadwalkan pada 22 dan 28 September tahun 2021 ini. Namun pihak BKPSDMA di Sinjai masih menunggu draft penyampaian resmi dari Pemrov Sulsel terkait jadwal pasti tes CPNS tersebut.

Lukman hanya berharap agar seluruh calon peserta CPNS mempersiapkan diri untuk menghadapi tes tersebut, meski belum ada jadwal yang resmi.

Sementara lokasi tes CPNS akan dipusatkan di CCC Kota Makassar. Sebab peralatan komputer dan fasilitas pendukung lainnya hanya ada di Makasssar. Sedang di Kabupaten Sinjai belum memadai.

Saat ini sejumlah calon peserta tes CPNS sudah lebih awal melakukan vaksin Covid-19. Mereka sudah mengantisipasi agar memiliki anti bodi dari Covid-19.

Penulis: Ashari

Baca Juga