oleh

Pemko Medan Gelar Gebyar Melayu Serumpun 2018 

Medan, Akuratnews.com – Tarian Melayu dan tarian kolosal yang dibawakan oleh penari dari berbagai daerah dan Negara Serumpun ditambah dengan nuansa payung yang menghiasi tempat digelarnya Gebyar Melayu Serumpun (Gemes) 2018 mewarnai kemeriahan pembukaan event kebudayaan dan kesenian yang digelar Pemerintah kota Medan.

Event Kebudayaan dan Kesenian tersebut resmi dibuka Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, MSi yang ditandai dengan pemukulan Gendang Melayu, di halaman Istana Maimon, Jalan Brigjen Katamso Medan, Jumat (2/11/2018)  malam.

Pantuan diarena, pembukaan gelaran Gemes 2018 dipadati pengunjung dari berbagai pelosok kota Medan.  Kemeriahan pembukaan  tersebut semakin semarak dengan hadirnya artis dangdut Ibu Kota, Nassar, yang melantunkan lagu Melayu. Meski hujan sempat turun, Nassar mampu membuat seluruh pengunjung bernyanyi bersama.

Pagelaran Gemes 2018  yang berlangsung mulai Jumat (2/11/2018) hingga Minggu (4/11/2018) ini menampilkan 73 pasang penari dan 428 payung diikuti oleh peserta Negara Serumpun seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand dan Singapura serta  dari berbagai provinsi yakni Aceh, DKI Jakarta, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Riau.

Wali Kota Medan, Drs.H.T Dzulmi Eldin S MSi, dalam sambutannya berharap pagelaran ini dapat menjadi salah satu ikon pariwisata di Kota Medan yang dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Apalagi di tahun ini event ini digelar di Ikon Kota Medan Istana Maimun, tentu akan semakin membuat lebih meriah” ungkap Eldin.

Selain itu, lanjut Eldin, event ini diharapkan menjadi wadah melestarikan Seni dan Budaya Melayu serta mengedukasi masyarakat kota Medan khususnya generasi muda dalam memahami kebudayaan dan rumpun Melayu.

Eldin menambahkan, pagelaran Gemes 2018 ini ada hiasan 428 Payung yang mewakili usia Kota Medan dan tarian dari 73 pasang penari yang mewakili usia Kemerdekaan Indonesia. Selain itu ada juga kegiatan pagelaran kesenian budaya Melayu dan fashion show.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Medan, Ir.H Akhyar Nasution, MSi, Konjen Negara Malaysia, Unsur Forkominda, Sekda Kota Medan, Ir Wiriya Al Rahman dan Raja Muda Deli, Tengku Hamdy Osman Deli Khan, dan Tokoh Masyarakat. (Hsp)

Loading...

Komentar

News Feed