Pemkot Bogor Tindak Kafe Pelanggar Prokes Covid-19, Ini Sanksinya

Wali Kota Bogor Bima Arya saat ikut dalam razia pelamggaran prokes Covid-19
Wali Kota Bogor Bima Arya saat ikut dalam razia pelamggaran prokes Covid-19

AKURATNEWS.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menindak tegas tiga kafe dan restoran yang diketahui berani melanggar Protokoler Kesehatan atau Prokes Covid-19 dan jam operasional pada 17 Juni 2021.

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, memberikan sanksi administratif berupa denda kepada kepada tiga kafe dan restoran tersebut.

"Ketiga tempat itu kami kenakan denda sesuai dengan peraturan", ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Rahmat Hidayat, Senin,(21/6).

Menurut Rahmat, untuk tempat usaha tersebut jadi, tidak dilakukan penutupan dan boleh tetap buka sesuai jam operasional yang ditentukan pemkot Bogor.

Bagi pelanggar, lanjut Rahmat, dikenakan sanksi administratif berupa denda mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 10 juta oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor melalui Satpol PP.

Kafe atau tempat hiburan tersebut antara lain See Look Red di Jalan Raya Tajur, Zentrum di Jalan Raya Pajajaran dan True Colours di Jalan Bina Marga.

Ketiga kafe melanggar aturan protokol kesehatan karena jumlah pengunjungnya melampaui kapasitas maksimal, yakni 50 persen dan melanggar jam operasional yang melampaui pukul 21.00 WIB.

Rahmat menjelaskan, pemberian sanksi administratif berupa denda berdasarkan aturan dalam Peraturan Wali Kota Bogor Nomor 107 tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Administratif Pelanggaran Tertib Kesehatan Dalam Penanggulangan Covid-19 di Kota Bogor.

Sementara itu, Bima Arya selaku ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor menegaskan satgas akan terus melakukan patroli setiap saat agar pesannya sampai kepada masyarakat, untuk bersama-sama melakukan pencegahan kasus Covid-19 di Kota Bogor.

"Tempat usaha agar mematuhi kapasitas maksimal 50 persen dan jam operasional maksimal pukul 21:00 WIB," jelas Bima Arya.

Satgas Penanangan Covid-19 Kota Bogor, kata dia, terus memberikan peringatan kepada seluruh warga Kota Bogor, untuk sama-sama melakukan pencegahan Covid-19.

Diketahui,  berdasarkan data pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, jumlah warga Kota Bogor yang terkonfirmasi positif Covid-19, pada Minggu hari ini ada 193 orang, pada Sabtu (19/6) ada 188 orang, pada Jumat (18/6) ada 201 orang, dan pada Kamis (17/6) ada 204 orang.

Penulis:

Baca Juga