Pemkot Depok Kekurangan Tenaga Pendidikan dan Kesehatan

Depok, Akuratnews.com- Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Depok masih belum ideal lantaran banyak ASN yang pensiun. Tenaga pendidikan dan kesehatan dibutuhkan Pemkot Depok.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, Supian Suri di Balai Kota Depok Rabu,(28/8/2019).

Menurutnya, ASN di Pemkot Depok saat ini berjumlah 6.212 orang. Tahun ini, ASN yang pensiun jumlahnya mencapai 238 orang.

"Idealnya, ASN di Pemkot Depok berjumlah 12 ribu orang, jadi kami kekurangan 6.000 orang," ucap Supian Suri.

Dia menuturkan, untuk menutupi kekurangan jumlah ASN, Pemkot Depok sudah mengajukan 268 rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahun 2019.

"Kebutuhan tersebut untuk dapat menggantikan yang pensiun. Kebutuhan yang paling banyak adalah tenaga pendidikan, yakni guru dan tenaga kesehatan, yakni perawat dan dokter," katanya.

Supian menjelaskan, dari 268 orang yang dibutuhkan itu 70 persen untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) dan 30 persen untuk PNS.

"Artinya, tadinya yang pensiun PNS semua tapi diganti oleh PNS plus P3K. Kami rapat kesiapan menambahkan anggaran 2020 untuk alokasi gajinya dan lain-lain terkait kebutuhan kepegawaian," pungkasnya.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Ahmad Ahyar

Baca Juga