Pemprov DKI Fasilitasi Korban Kebakaran Pasar Gembrong

AKURATNEWS - Usai terbakar hebat pada Minggu (24/4) malam, semburan sisa-sisa asap kebakaran masih terlihat di lokasi kebakaran Pasar Gembrong, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur, Senin (25/4).

Korban kebakaran terlihat sedang duduk di pinggir jalan dan sebagian berkumpul di tenda pengungsian yang disiapkan sebagai tempat penampungan sementara. Sementara Musholla Al Hikmah digunakan sebagai tempat penampungan logistik.

Pemerintah Kota (Pemkot)  Jaktim sudah menyiapkan lokasi penampungan baru  di sekitar kampus MPU Tantular yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Ada sekitar 200 warga yang terdampak kebakaran di RW 06, meliputi RT 02, 03, 04 dan 05. Meski tidak ada korban jiwa, 40 kios pedagang juga ikut ludes terbakar.

Kepala Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Gatot Sulaiman mengatakan, pihaknya sudah berada di lokasi sejak pukul 21.30 WIB malam dengan mengerahkan 26 mobil Pemadam Kebakaran.

"Korsleting listrik dari rumah warga di bagian tengah," ujar Gatot saat menceritakan awal mula terjadi kebakaran hebat ini.

Api perlahan mulai melahap salah satu toko boneka yang membuat api makin sulit dipadamkan. Api baru bisa dipadamkan sekira pukul 03.00 WIB, Senin (25/4) dini hari.

Sekitar pukul 10.30 WIB, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Walikota Jakarta Timur, M Anwar meninjau lokasi kebakaran dan menyapa korban yang terdampak kebakaran. Gubernur Anies pun menyampaikan akan langsung memberikan bantuan kepada para korban yang terdampak.

"Bagi warga disiapkan tempat tinggal sementara, kebutuhan dasarnya termasuk makanan dan pakaian sehingga warga yang tinggal di tempat tinggal sementara tidak akan lama," ujarnya.

Tidak hanya itu, untuk dokumen yang ikut terbakar, Disdukcapil DKI Jakarta akan langsung menyiapkan data kependudukan.

"Dokumen-dokumen yang terbakar akan bisa langsung disiapkan penggantinya. Karena itu akan dibutuhkan disaat mengurus urusan lainnya," imbuh Anis.

Untuk 40 kios pedagang yang ikut terbakar, Pemprov DKI sudah menyiapkan 40 kios baru di Gedung PD Pasar Jaya, Pasar Cipinang Besar, Gembrong Baru.

"Di sini disiapkan tempat berjualan di kawasan pasar, tidak jauh dari sini, kira-kira 40 kios yang disiapkan. Jumlah pedagangnya juga 40, jadi Insya Allah bisa langsung disiapkan di situ," kata Anies.

Pemprov DKI juga akan memberikan bantuan modal kerja kepada mereka yang terdampak.

"Jadi Pemprov DKI Jakarta tidak akan membiarkan mereka (korban kebakaran) sendiri. Kami akan dampingi, kami akan bantu agar semuanya menjadi mudah," tambah Anies.

Ia juga menjanjikan akan memberikan layanan recovery untuk rehabilitasi psikis dalam kondisi darurat.

"Mereka terbantu, mereka terjaga supaya fisik sehat dan secara psikologis mereka terbantu di sini," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Jaktim M Anwar mengungkapkan kepada Jakarta Raya, sudah menyiapkan semua bantuan logistik untuk para korban kebakaran.

"Kita sudah siapkan semuanya termasuk logistiknya, kebutuhan-kebutuhannya, dapur umum, untuk memastikan kebutuhan mereka terpenuhi," ujarnya.

Bakan Pemkot Jaktim sudah bergerak cepat untuk memindahkan lokasi penampungan ke tempat yang lebih layak.

"Nanti akan dipindahkan ke kampus, dan penampungan yang lebih representatif. Jangan di jalan," imbuh Anwar.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga