Pemprov Kalteng Responsif Tangani Bencana Banjir

Satu sudut di Kasongan, ibukota Kabupaten Katingan, yang tergenangi banjir
Satu sudut di Kasongan, ibukota Kabupaten Katingan, yang tergenangi banjir

AKURATNEWS - Menyusul Kalimantan Selatan yang belum terlalu lama berlalu, banjir besar kini juga melanda sebagian wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng).

Beberapa kabupaten terkena luapan air bah ini antara lain adalah Kotawaringin Barat, kotawaringin Timur, Seruyan dan Katingan.

Adapun ruas jalan provinsi menuju Kota Palangka Raya, yaitu di Bukit Rawi, serta Tumbang Nusa yang merupakan trans antara Palangka Raya-Banjarmasin, Kalsel, juga mengalami terjangan banjir.

Meski di kedua titik ini terkenal dengan kerawanannya di musim hujan, namun September 2021 dianggap merupakan musibah terparah.

“Kemarin sore saya dan teman saya A'ang menggunakan jasa perahu kelotok. Banjirnya cukup tinggi. Mobil berderet panjang, dan melintas satu persatu dipantu jasa pemandu,” kata salah seorang warga kepada wartawan, Selasa, 7 September 2021.

Memang ketika di titik ini terjadi banjir, para pelintas jalan, khususnya sepeda motor, harus menggunakan kelotok atau perahu kecil bermesin untuk meneruskan perjalanan.

Pilihan satu-satunya bagi para pemotor untuk bisa sampai tujuan. Sedangkan tarif jasa angkut kelotok sendiri, berkisar antara Rp 20 ribu - Rp 25 ribu.

Di satu sisi, ini memang menjadi keberkahan rutin tahunan bagi para pemilik kelotok manakala musim hujan tiba. Dalam sehari, satu penarik kelotok bisa mengangkut minimal 10 – 15 penumpang.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Iwan Prast
Editor: Zulfahmi Siregar
Photographer: Channel Hatue Lewu

Baca Juga