oleh

Empat Penambang Galian C Diamankan Polres Bireun

Bireuen, Akuratnews.com – Aparat Polres Bireuen menangkap empat warga yang sedang melakukan usaha penambangan ilegal yang belum mengantongi izin resmi dari Pemerintah.

Keempat warga tersebut masing-masing Eds (45) selaku pemilik usaha tercatat sebagai warga Juli Keude Dua, Sup (48) operator alat berat berasal dari Juli Keude Dua, Maz (29) operator lapangan warga dan terakhir Her (23) kernet alat berat berasal dari Juli Meunasah Teungoh.

Keempat warga tersebut diamankan saat sedang menambang di kawasan Jalan Bireuen Takengon KM 4 atau masuk kawsan desa Geulumpang Meujim-jim.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi, melalui Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama SH menjelaskan kronologis penangkapan, berawal ketika polisi mendapat informasi dari masyarakat bahwa di desa Gelumpang Meujim-jim ada kegiatan penambangan yang mengunakan alat berat, namun izinnya masih diragukan.

Berdasarkan informasi tersebut, tim Opsnal Polres Bireuen bergerak ke lapangan dan melakukan pengecekan lokasi. Setibanya di tempat tersebut, tim melihat bahwa benar sedang ada satu alat berat melakukan kegiatan penambangan galian tanah yang sedang mengeruk tanah di areal perbukitan yang terletak di kawasan tersebut.

Untuk memastikan usaha pertambangan itu sudah memiliki izin atau belun, tim Opsnal menemui pemilik usaha.

“Setelah ditanyakan, ternyata usaha tersebut belum memiliki izin resmi, tim kemudian membawa keempat pelaku dan barang bukti ke Polres Bireuen guna pengusutan lebih lanjut,” ujar Kasat Reskrim Iptu Eko Rendi Oktama. (chai)

Loading...

Komentar

News Feed