Penampakan F-3, Jet Siluman Jepang yang Diklaim Lebih Canggih dari F-35 AS

Jet Tempur Siluman Jepang F-3 atau dikenal sebagai X-2 Shinshin (militarytoday.com)

Tokyo, Akuratnews.com - Bukan hal baru jika Jepang mampu membuat Jet Tempur Canggih yang punya performa tak kalah dengan produksi Rusia maupun Amerika Serikat (AS). Salah satu produk berkelas adalah Jet Tempur F-2 bermesin tunggal yang diproduksi oleh Mitsubishi yang kini dipakai sebagai kekuatan utama pasukan Bela Diri Jepang.

Dan baru-baru ini, Jepang mulai memproduksi Jet Tempur lainnya yang diklaim lebih canggih dari Jet Tempur Siluman F-35 produksi AS.

Untuk produk terbaru ini Jepang menamainya sebagai Jet Tempur Siluman F-3 yang digadang-gadang bakal menggantikan ratusan F-2 dari skuadron utama pasukan Jepang pada akhir tahun 2030.

Melansir National Interest sebagaimana dikutip situs nasional beberapa waktu lalu, F-3 diklaim lebih tangguh daripada jet siluman andalan Amerika Serikat F-35.

Pada Februari 2019, Kementerian Pertahanan Jepang mengkonfirmasi persyaratan kinerja F-3 akan dirilis dalam anggaran 2020, dengan pengembangan secara resmi dimulai pada 2021 dan penerbangan pertama ditargetkan 2030.

Sebuah channel televisi Jepang pada Maret 2018 mengungkap rekaman close-up dari mesin turbofan XF 9-1 berkekuatan tinggi. Mesin canggih dan radar Array yang dipindai secara elektronik sedang diperbaharui dan dikembangkan untuk program F-3.

Secara khusus juga diungkapkan biaya pengembangan program yang diproyeksikan sebesar 5 triliun Yen, setara US$ 45 miliar. Biaya per-pesawat melebihi angka 20 miliar Yen (US$ 179 juta).

Perjalanan jet siluman Jepang dimulai pada 2016, yang mencapai tonggak teknologi ketika menerbangkan Advanced Technology Demonstrator (ATD) X-2 Shinshin. Dalam pengembangan sejak 2007, ATD seharga US$ 350 juta merupakan inovasi untuk kemampuan manuver ekstrem dan kecepatan penerbangan jelajah super. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi
Photographer: document militarytoday.com

Baca Juga