Pencarian Hakim MK , Pemerintah Diminta Pilih Panitia Seleksi Yang Kredibel

Boyamin Saiman, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI)

Jakarta, Akuratnews.com - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia ( MAKI) Boyamin Saiman, mengatakan pemerintah membentuk tim seleksi yang kredibel untuk mencari hakim Mahkamah Konstitusi ( MK).

"Harus pakai Panitia seleksi yang kredibel, jangan terulang lagi , seperti Panitia Seleksi KPK yang akhirnya menghasilkan Pimpinan KPK dengan mental demam panggung, sehingga kasus korupsi besar tidak berani tuntaskan," kata Boyamin kepada Akuratnews.com, Selasa (31/01/2017).

Dia menilai dengan kredibel ,maka hakim MK tidak akan mudah disuap,"  Jika kredibel mestinya tidak masuk angin," ungkapnya.

Menurutnya, selain Panitia kredibel, juga diperlukan proses yang panjang dan mendalam melalui psikotest untuk mencari manusia yang sudah selesai dengan dirinya, "  Sehingga didapatkan orang yang tidak akan butuh harta dan otomatis tidak korupsi," tegasnya.

Untuk diketahui, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan menyampaikan, kasus yang menjerat Patrialis Akbar terkait dugaan suap dalam uni materi UU Nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan di MK.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, kasus yang menjerat Patrialis Akbar terkait dugaan suap dalam uji materi UU Nomor 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan di MK.

Patrialis ditangkap oleh KPK ,Rabu (25/1/2017). Sebanyak 10 orang lainnya juga diamankan. (Agus)

Penulis:

Baca Juga