Pencarian Pesawat MH370 Dihentikan

Pesawat Malaysia Airlines

Malaysia, Akuratnews.com - Otoritas Malaysia, China, dan Australia akhirnya memutuskan untuk menghentikan pencarian atas pesawat Malaysia Airlines MH370.

Pesawat nahas itu diketahui hilang pada pertengahan tahun 2014 lalu, saat melakukan perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

"Meskipun segala upaya menggunakan semua pengetahuan yang dimiliki, pesawat masih belum bisa ditemukan," kata pihak berwenang Australia, China, dan Malaysia dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (17/01/2017).

Mereka menuturkan, kapal pencarian terakhir akan meninggalkan lokasi pencarian pada sore hari ini, setelah menjelajahi 120.000 km persegi daerah dasar laut Samudera Hindia yang telah menjadi fokus dari pencarian selama hampir tiga tahun.

Malaysia, Australia dan China sejatinya telah sepakat pada bulan Juli untuk menangguhkan pencarian jika pesawat itu tidak ditemukan atau bukti baru, setelah semua wilayah yang dianggap sebagai lokasi jatuhnya pesawat itu telah dijelajahi.

Australia pada bulan lalu menolak rekomendasi seorang peneliti untuk menggeser pencarian lebih jauh ke utara, dan mengatakan tidak ada bukti baru telah muncul untuk mendukung itu.

Sementara itu, sebuah kelompok pendukung pencarian yang disebut Voice 370 mengatakan dalam sebuah pernyataan, penyidik  tidak bisa meninggalkan masalah yang belum terpecahkan. (Farhan)

Penulis:

Baca Juga