Penerapan SOP K3 “Buruk”, Organisasi Buruh Bakal Demo PT. IMIP

Morowali, Akuratnews.com - Buruknya penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Organisasi Buruh Serikat Pekerja Industri Morowali (SPIM) bakal melakukan aksi demonstrasi pada Selasa, 3 Desember 2019.

Hal ini disampaikan Ketua Serikat Pekerja Industri Morowali (SPIM), Afdal via pesan WathsApp, Sabtu (30/11/2019). "Iya, kami akan melakukan demo tanggal 3 nanti," kata Afdal kepada wartawan media ini.

Menurut Afdal, aksi demonstrasi tersebut, inisiatif SPIM yang dilakukan bersama para buruh di IMIP, guna menyikapi rentetan kasus kecalakaan kerja yang menimpa sejumlah karyawan atau buruh di kawasan industri PT. Indonesi Morowali Industrial Park (IMIP).

"Alamrhum Rian Sucipto adalah satu dari sekian banyak insiden yang terjadi kawasan industri PT. IMIP di Morowali. Almarhum mengalami luka bakar, akibat terpapar api," ujar Afdal.

Ia mengkalaim, buruknya penerapan SOP K-3 di kawasan industri PT. IMIP dan lemahnya pengawasan ketenaga kerjaan pemerintah menjadi biang utama sekian banyak dan terus-menerus insiden kecelakaan kerja terjadi.

"IMIP sebagai kawasan industri terbesar di Asia, seharusnya memberikan perhatian serius mengenai persoalan kesehatan dan kesepamatan kerja ini. Begitu pula, pemerintah daerah dan pemerintah propinsi Sulawesi Tengah," tuturnya.

Untuk itu, tambahnya, aksi demonstrasi yang rencananya akan digelar pada, 3 Desember 2013 adalah upaya mendesak pihak perusahaan dan pemerintah agar segera melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap penerpan SOP K3 di IMIP.

"Ini penting dilakukan, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja akibat kelalaian perusahaan dan lemahnya pengawasan yang selama ini dipertontonkan," tandasnya.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga