Penetapan Menteri jadi Polemik, Partai Garuda: Hak Prerogatif Jokowi

Jakarta, Akuratnews.com - Sebagai salah satu partai pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Partai Garuda menyambut baik susunan menteri dalam Kabinet Indonesia Maju yang telah dilantik Presiden Jokowi, Rabu (23/10/2019).

Menurut Sekretaris Jenderal Partai Garuda Abdullah Mansuri, sikap Partai Garuda di periode kedua Presiden Jokowi, akan terus mengawal dan berjuang menjadi partner yang baik dalam program-program pemerintah sekaligus juga memberi masukan yang konstruktif dan baik untuk pemerintah ke depan.

Karena itulah, ketika muncul polemik di tengah masyarakat terkait penetapan nama beberapa menteri yang dianggap kurang tepat, Abdullah Mansuri menegaskan jika itu adalah hak prerogatif Presiden Jokowi.

Termasuk ketika Jokowi mempercayai Kementerian Agama dipegang oleh Fachrul Razi yang notabene adalah seorang purnawirawan TNI.

"Mungkin ada beberapa target presiden yang harus dilakukan oleh menteri yang baru sehingga presiden memilih pak Fachrul Razi sebagai Menag. Saya pikir kita harus melihat dulu bagaiamana kinerja teman-teman di kementerian ya karena agak sulit menerka-nerka jika memang belum diberi kesempatan untuk melakukan tugasnya. Partai Garuda terus mendukung dan memberikan kesempatan bekerja bagi seluruh menteri yang telah dipilih termasuk Menag." ujar Abdullah Mansuri kepada media, Jumat (25/10/2019).

Menurut Abdullah Mansuri, perihal penempatan purnawirawan TNI di Kementerian Agama buka baru kali ini terjadi. Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, kata Abdullah sudah ada beberapa menteri yang datang dari kalangan militer.

"Menteri Agama tidak sekali ya dipegang oleh purnawirawan TNI. Ada beberapa menteri di jaman pak Harto. Setelahnya juga pernah dijabat oleh purnawirawan TNI." pungkasnya.

Begitu juga terhadap menteri muda yang banyak diragukan banyak pihak, Partai Garuda justru bersyukur karena di tangan menteri muda akan ada terobosan dan kreativitas ditawarkan mereka.

"Kami bersyukur seperti Nadiem Makarim kan baru 35 tahun masuk sebagai menteri. Kami justru berharap akan ada terobosan dan kreativitas baru yang ditawarkan menteri-menteri yang baru juga."

Partai Garuda percaya, di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin serta para menterinya Indonesia akan jauh lebih baik, terutama dari sektor ekonomi, dimana saat ini tengah terjadi resesi global.

"Harapan kami di kepemimpinan kedua, Jokowi-Ma'ruf Amin lebih membawa udara segar bagi pertumbuhan ekonomi rakyat, membawa Indonesia jauh lebih baik di saat terpaan krisis dunia. Ada banyak negara terkena resesi. Kita berharap Indonesia bisa tetap bangkit dan tumbuh karena perekonomian Indonesia ditopang oleh perekonomian rakyat. Kalau itu dibangkitkan terus menerus kita bisa bertahan dalam terpaan krisis." tutup Abdullah Mansuri. (*)

Penulis: Ahmad Ahyar
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga