oleh

Pengamat: ‘Musibah’ Kalau Kerja Keras Jokowi Tidak Disosialisasikan

Jakarta, Akuratnews.com – Pengamat politik Pangi Syarwi mengatakan, kubu Joko Widodo (Jokowi) harus gencar mensosialisasikan keberhasilan pemerintah melalui media sosial (medsos) dan bukan hanya lewat media mainstream.

Menurut dia, masyarakat harus mengetahui kinerja apa saja yang sudah dicapai oleh pemerintahan Jokowi selama empat tahun terakhir ini.

“Sangat bergantung kepada bagaimana pemerintah mensosialisasikan semua yang menjadi capaian, target, dan keberhasilan pemerintah,” kata Pangi usai diskusi publik bertajuk ‘4 Tahun Jokowi, Catatan Sukses dan Pekerjaan Tersisa’ di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta, Kamis (18/10/2018).

“Ini tugas pemerintah, termasuk kementerian dan sebagainya untuk menjelaskan ke masyarakat apa saja keberhasilan itu, apa saja yang sudah dilakukan,” sambung dia.

Pangi yang juga sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center ini menilai, dengan mensosialisasikan capaian dan keberhasilan tersebut akan berdampak pada peningkatan elektabilitas calon Presiden pasangan KH. Ma’ruf Amin itu.

“Punya korelasi linier terhadap peningkatan kepuasan. Nah, kalau puas maka akan berurusan dengan kesukaan atau akseptabilitas, kalau akseptabilitas irisannya pada level yang terakhir adalah elektabilitas, dipilih,” pungkasnya.

Namun lanjut Pangi, jika kinerja Jokowi tidak disosialisasikan secara gencar apalagi melalui media sosial, maka masyarakat tidak sepenuhnya mengetahui sejauh mana capaian dan prestasi Jokowi selama memimpin Indonesia.

“Karena musibahnya adalah ketika apa yang sudah dilakukan Pak Jokowi, kerja keras yang beliau lakukan selama ini misalnya dalam satu hari saja mengunjugi lima pulau, berkeliling menemui masyarakat, menyalami, kemudian bertemu menyampaikan gagasan dan keberhasilan, tapi kemudian publik atau masyarakat tidak mengetahui apa yang menjadi prestasi, capaian dan keberhasilan beliau,” terang Pangi.

“Maka itu punya korelasi terhadap kepuasan, maka kepuasan itu kompatibel dengan bagaimana masyarakat yang tidak tau itu menjadi tau apa yang menjadi keberhasilan beliau,” ulas dia. (Rhm)

Komentar

News Feed