Seminar Litersi Digital

Pengarsipan di Era Digital Menjadi Bahasan Webinar Kemenkominfo dan DPR RI

Jakarta, Akuratnews.com- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat “Pengarsipan di Era Digital”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, Narasumber Pertama yaitu H. Bachrudin Nasori, S.Si., MM yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI,  Narasumber kedua adalah Semuel Abrijani Pengerapan, B.Sc selaku Dirjen APTIKA Kominfo RI serta mengundang Sisca Zulista Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tegal. Seminar ini diselenggarakan pada hari Kamis, 14 Oktober 2021 pada Pukul 14.00 wib melalui platform zoom meeting.

Seminar ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat terutma untuk yang sudah menjadi orang tua, bagaimana kita sebagai orang tua dalam mendidik anak bukan dengan kekerasan atau paksaan tetapi dengan adanya kontrol yang ketat kepada anak-anak kita. Jangann sampai kita juga sebagai orang tua juga melanggar dalam pembatasan diri kita sebagai orang tua didepan anak kita, bagaimana kita bisa mengdukasi anak untuk memperketat kegiatan anak dalam menjelajah dalam digital, berikan kenyamanan kepada anak-anak kita untuk keterbukaan anak terhadap orang tua terlebih kita perlu menanamkan nilai-nilai agama yang terkait dengan filosofi kehidupan komunikasi positif terhadap sesama keluarga.

Seminar diawali dengan pemaparan dari H. Bachrudin Nasori, S.Si., MM  yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI. Dalam paparannya Bachrudin menjelaskan.

“Pola asuh anak keluarga merupakan lingkungan social pertama yang ditemui anak sejak mereka lahir kedunia, setiap orang tua tentunya ingin yang terbaik bagi anak-anak mereka, membimbing dan mendampingi perlu diterapkan, dan perlunya orang tua perperan sebagai pengawas kepada anak saat menggunakan dengan kemajuannya teknologi, yang harus dipahami memang teknologi memberikan kemudahan namun juga bisa menjerumuskan untuk anak-anak kita saat ini,” jelas H. Bachrudin di Jakarta, pada Kamis (14/10).

Narasumber ke dua disampaikan oleh Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI melalui tampilan video. Dalam video tersebut Samuel  yang akrab dipanggil Bapak Semmy menjelaskan;

“Dimasa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting. Karena dalam upaya transformasi digital, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal,” jelas Sammy.

Tampil sebagai narasumber ke tiga  Sisca Zulista Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tegal menjelaskan paparannya;

“Hakikatnya kita sebagai orang tua dalam penerapan serta pengasuhan anak dan remaja yaitu dengan mendidik akan memberikan pengetahuan kepada anak, berikan motivasi kan kepada anak dalam hal positif, berikan keteladanan kepada anak-anak, lalu berikan tuntutan kepada anak untuk lebih baik lagi, berikan perlindungan kepada anak kita dan terakhir cinta dan kasih saying kepada anak dari orang tua sangat penting yang memberikan efek membuat anak jauh lebih tebuka kepada orang tua karena terciptanya kenyamanan antara orang tua dengan anak. Beberapa yang perlukan diperhatikan oleh orang tua seperti social media yang meliputi FB, Twitter, Instagram, Youtube,” jelas Sisca.

Seminar tersebut diikuti sekitar 150 peserta yang secara interaktif melakukan Tanya jawab dengan para narasumber.

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia. Nimimnya kesadaran pada public untuk kerasipan data kita sendiri.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga