Pengawas TKI DPR Ungkap Perdagangan Orang 45 TKI Di Arab Saudi

Jakarta,Akuratnews.com - Pengawas TKI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengatakan, pihaknya menemukan terjadi indikasi perdagangan orang ke Arab Saudi yang berkedok pengiriman Tenaga Kerja Indonesia ( TKI)

Rieke menjelaskan saat ini terdapat 45 orang TKI wanita yang berada di penampungan milik TTCo di daerah Obhur, Jeddah terlantar di Saudi dan terancam kena hukuman karena menyalahi izin kerja.

Dia menyebutkan, jika berdasarkan keputusan Menteri Ketenagakerjaan No 260/2015 tentang penghentian dan pelarangan penempatan tenaga kerja Indonesia ( TKI) pada pengguna perseorangan di negara-negara kawasan Timur Tengah  masih berlaku.

"Diduga tetap terjadi pengiriman ke Timur Tengah khususnya Saudi untuk dipekerjakan diperorangan .Contohnya seperti kasus yang terjadi adalah dugaan TPPO yang dilakukan oleh perusahaan TTCo ( Team Time for Recruitmen for Domestic Woker) yang di Jeddah, " kata Rieke di Gedung DPR RI,Senayan,Jakarta, Selasa (31/01/2017).

Menurutnya, pengiriman tersebut telah bertentangan dengan Keputusan Menteri  Ketenagakerjaan No 260/2015 ,karena terjadi pada tahun 2016. Bahkan Kepmen tersebut sudah berlaku ,tetapi dikeluarkan visa ke Saudi sebagai cleaning service. (agus)

Penulis:

Baca Juga