Penggunaan Dana DPUPR Depok di Sorot

Depok, Akuratnews - Penggunaan dana anggaran kegiatan untuk mengganti pintu utama di gedung Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mendapat sorotan tajam dari salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kota Depok.

Anggaran kegiatan itu dianggap sebagai salah satu kegiatan yang tidak mengacu skala prioritas dan tidak urgent serta terkesan ada pemborosan pada pemanfaatan anggaran belanja daerah Depok.

"Penggantian pintu utama DPUPR itu seolah merupakan sesuatu yang urgent saja. Padahal kondisi pintu yang sebelumnya tergolong masih layak pakai dan masih bagus," kata Sekjen DPP LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara), Tonny Supriadi di kantor DPUPR Depok, Selasa (9/10/2018).

Dikatakan Tonny, biaya untuk merombak dan menganti pintu utama DPUPR itu anggaranya jelas tidak sedikit dan terkesan pemborosan penggunaan anggaran. Karenanya sangat wajar kalau jadi pertanyaan publik.

"Kami juga pertanyakan kenapa anggaran yang ada tidak dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih tepat dan mengacu skala prioritas untuk kepentingan publik," paparnya.

Sorotan lain juga menyeruak dari salah seorang pelaku usaha jasa kontruksi yang ada di Depok saat datang di gedung DPUPR Depok. Anggaran biaya untuk proyek seperti itu ditaksir bisa sampai puluhan juta rupiah.

"Pintu model seperti ini anggarannya lumayan besar. Taksiran biayanya bisa sampai Rp.20 - 30 juta. Kegiatan seperti itu biasanya berikut alat sensor otomatis dan harus menggunakan mutu kaca yang standart. Ketebalan kaca bisa 1 inci," jelas HS pada Akuratnews, di depan gedung DPUPR.

Hingga berita ini diturunkan, pihak DPUPR Depok melalui sekertaris DPUPR Depok, Supomo, masih belum berikan komentar terkait dasar dan tujuan serta besaran nilai anggaran biaya pergantian pintu utama DPUPR.

Seperti diketahui, pintu utama di gedung DPUPR Depok, awalnya merupakan pintu utama berbahan dasar almunium dan kaca dengan sistem buka tutup secara manual. Saat ini kondisi pintu yang terlihat masih layak pakai dan dalam kondisi baik tersebut telah diganti dengan pintu jenis auto door glass. (Eko)

Penulis:

Baca Juga