Pentingnya Meningkatkan SDM dalam Menghadapi Perkembangan Ekonomi Syariah

Bogor, Akuratnews.com - Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Irfan Syauqi Beik mengatakan, sektor ekonomi syariah menjadi salah satu sektor yang memiliki tren pertumbuhan yang cepat dibandingkan sektor yang lain.

Menurutnya, perkembangan yang dinamis ini harus didukung dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk memberikan dukungan bagi industri-industri yang bergerak dalam sektor ekonomi syariah.

“Dalam rangka memenuhi tuntutan pasar tersebut, maka diperlukan suatu pelatihan dan kursus untuk meningkatkan skill dan juga kemampuan SDM dalam bidang ekonomi syariah. Karena itu Pusat Kajian Strategis (Puskas) Baznas dan Departemen Ilmu Ekonomi Syariah, FEM IPB menginisiasi kegiatan IEWC ini,” kata Irfan saat kegiatan Internasional Economics Winter Course di IPB, Senin (14/10/2019).

Ia menjelaskan, IEWC merupakan kursus singkat ekonomi syariah secara komprehensif. Tidak hanya itu, IEWC juga memfasilitasi para peserta untuk dapat mengunjungi secara langsung industri-industri kunci dalam sektor ekonomi syariah.

Kemudian melihat secara langsung Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan mengelola dan mengatur industri keuangan syariah di Indonesia serta berkunjung ke kantor pusat Baznas untuk melihat bagaimana pengelolaan zakat nasional dilakukan secara profesional.

Para peserta juga difasilitasi untuk dapat melihat langsung bagaimana kegiatan ekonomi syariah masyarakat seperti di kampung Batik Cibuluh dan Tegal Waru Bogor yang menjadi desa binaan BAZNAS.

"Sehingga, diharapkan para peserta IEWC mendapatkan wawasan dan keilmuan pada bidang ekonomi syariah secara komprehensif baik dari aspek teoritis maupun dari aspek praktek,” katanya.

Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Syariah FEM IPB Asep Nurhalim mengapresiasi kerjasama antara Baznas dan IPB sebagai upaya untuk memperkuat sosialisasi dan edukasi ekonomi syariah, termasuk ekonomi dan keuangan sosial syariah.

"Diharapkan kegiatan ini memberi dampak positif dalam memperkuat literasi ekonomi syariah," ujarnya.

Penulis: Yandi Permana
Editor:Redaksi

Baca Juga