Penusukan Wiranto: Pemerintah Bisa Saja Tetapkan Darurat Sipil, Kata Hendropriyono

Jakarta, Akuratnews.com - Insiden Penusukan Menko Polhukam Wiranto direspon keras Mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendropriyono. Dia menilai kondisi saat ini sudah masuk kategori keadaan darurat.

Penilaian itu jika melihat rangkaian demo yang terjadi akhir Spetember lalu hingga insiden penusukan Wiranto.

Ditegaskan Hendropriyono, Presiden bisa saja menetapkan status keadaan darurat sipil dengan adanya kondisi seperti itu. Jika kondisi seperti ini didiamkan bisa membahayakan negara.

“Keadaan yang khusus ini bergejala membahayakan keamanan negara, karena diikuti dengan adanya ancaman kerusuhan (demo massa yang diduga anarkistis lagi). Sitkon (situasi kondisi) kini sudah cukup menjadi dasar untuk dapat menyatakan keadaan kita dalam darurat sipil,” tegas Hendropriyono kepada wartawan, lansir situs nasional, Sabtu (12/10/2019).

Terkait tindakan penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto. Menurutnya, perbuatan tersebut merupakan percobaan pembunuhan yang terkait politik.

“Serangan fisik terhadap Menko Polhukam merupakan percobaan pembunuhan politik (political assassination), tandas Hendropriyono. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga