Penyidik Beri 23 Pertanyaan ke Habib Rizieq Shihab

Jakarta,Akuratnews.com- Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, penyidik Direktorat Kriminal Khusus melayangkan sejumlah pertanyaan terkait ucapan Imam besar FPI Rizieq Shihab. Hal ini dilakukan guna mendalami pernyataan Habib Rizieq tersebut.

"Sejauh ini hanya ditanya tentang PKI, sejauh mana dia mengetahui tentang PKI ," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (23/1/2017).

Argo menjelaskan, Habib Rizieq menjalani pemeriksaan di Ditreskrimsus selama kurang lebih empat jam. Dengan 23 pertanyaan yang dilempar oleh penyidik kepada Rizieq.

Selain itu, Penyidik juga mendalami pemahaman Rizieq soal logo Bank Indonesia dalam mata uang pecahan rupiah tahun edisi 2016.

Bahkan, kata dia, Rizieq sempat membantah sejumlah pertanyaan yang diajukan penyidik, selama menjalani pemeriksaan Rizieq didampingi dua orang tim kuasa hukumnya.

"Statusnya sebagai saksi, masih melihat nanti, bagaimana dari penyidik, jadi tadi 23 pertanyaan yang diajukan," ucapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, penyidik Ditreskrimsus memanggil Rizieq untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi soal tuduhan Bank Indonesia menggunakan logo palu dan arit dalam pecahan uang rupiah tahun emisi 2016.

Kuasa hukum Imam Besar FPI Habib Rizieq menolak jika isi ceramah tentang simbol palu arit dalam mata uang rupiah baru ditujukan untuk memecah belah bangsa.

"Hal ini adalah tanggungjawab masyarakat bisa mengkritik dan kewajiban negara untuk menindaklanjuti ," kata Pengacara Rizieq, Kapitra Ampera di Gedung Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (23/01/17).

Kapitra mengaku agar pemerintah bisa menindaklanjuti ucapan kliennya, Rizieq tersebut, karena jika dibiarkan terus, yang dikhawatirkan hal ini akan berpotensi menjadi bahaya bagi negara.

"Jangan malah dikriminalisasi, Ini penting agar negara kita tidak lagi kembali ke era masa lalu ( zaman PKI), " jelasnya.

Sementara itu pihak penyidik Polda juga akan melakukan konfirmasi terhadap oknum yang mengunggah ke youtube. (Agus)

Penulis:

Baca Juga