Kedua Belah Pihak Saling Melancarkan Tarif Terhadap Barang Impor

Perang Dagang AS vs China Masuki Episode Baru

Meski Trump telah berulang kali mengatakan bahwa China yang membayar atas tarif yang diberlakukan AS, banyak perusahaan dan ekonom mengatakan bahwa justru importir AS yang menanggung biayanya dan beberapa di antaranya diteruskan kepada konsumen.

Gary Shapiro, Presiden Consumer Technology Association, mengatakan pendekatan pemerintah Trump menggunakan tarif untuk menekan China untuk mendapatkan suatu kesepakatan telah menjadi bumerang.

“Perusahaan-perusahaan AS harus menghabiskan lebih banyak sumber daya untuk terus-menerus mengubah aturan perdagangan dan melakukan lebih sedikit untuk inovasi, produk baru dan kesehatan ekonomi kita,” tutur Shapiro.

Sementara itu, Richard Trumka, Presiden federasi serikat pekerja AFL-CIO, mengatakan kepada “Fox News Sunday” bahwa terlepas dari tindakan tegas untuk China, Presiden Trump telah “melakukannya dengan cara yang salah” melalui strategi tarifnya.

“Harus ada pendekatan multilateral ketika mengambil tindakan untuk praktik-praktik perdagangan China,” ujar Trumka. AFL-CIO adalah federasi serikat pekerja terbesar di AS.

“Langkah ini harus mengatasi penyeimbangan kembali mata uang, memiliki kecenderungan jangka panjang untuk pekerjaan yang baik di negara ini. Sayangnya, itu bukan pendekatannya. Kami berharap ini menjadi pendekatan tetapi belum,” tambahnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga