Perayaan Pawai Hias Spekta Merah 1000 Komunitas 1000 Kreatifitas Mendapat Sambutan Meriah Warga Karawang

Karawang, Akuratnews.com - Setelah melakukan rangkaian kegiatan yang melibatkan komunitas di berbagai daerah sejak bulan Juni 2019 lalu, Puncak kegiatan Perayaan Spekta Merah dengan tema "Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas” berlangsung serentak dan meriah pada Minggu pagi (08/12) di 7 titik di Indonesia yakni Banda Aceh, Lhokseumawe, Kabupaten Lebak - Serang, Kota Binjai - Medan, Kisaran - Pematang Siantar, Kota Sibolga - Padang Sidempuan serta Kabupaten Karawang - Karawang, sebagai tempat penyerahan rekor MURI secara simbolis pada Minggu Siang, di Lapangan Galuh Mas, Kabupaten Karawang, dibuka dengan tarian budaya lokal seperti tarian Goyang Karawang.

Kegiatan yang diadakan setiap tahun di seluruh Indonesia ini melibatkan para komunitas yang ada di seluruh Indonesia, yang mendapat sambutan antusias warga Kabupaten Karawang mulai dari kalangan anak anak hingga dewasa sejak pukul 07.00 WIB Minggu Pagi, di Lapangan Galuh Mas Karawang.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa bagi kami dapat mengumpulkan 1000 komunitas di titik-titik Indonesia, dengan berbagai kreativitas mereka yang mereka tampilkan melalui kegiatan "Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas. Memang prosesnya tidak mudah untuk mengumpulkan para komunitas ini, namun semangat dan solidaritas mereka yang menjadikan akhirnya acara ini dapat berjalan", ungkap Fabio Junot Ardelto, sebagai Brand Manager Spekta Merah.

Adapun tema yang diusung pada tahun ini adalah “Spekta Merah 1000 Komunitas 1000 Kreativitas”.

Dalam pergelaran tahun ini, Spekta Merah mengangkat semangat kebersamaan, solidaritas dan gotong royong yang merupakan budaya yang telah tertanam sejak dahulu.

Mewakili Komunitas, Eyang Edi sebagai Perwakilan Komunitas Merah di Karawang, meluapkan kebahagiannya atas acara Pawai Hias.

"Tentu saja komunitas kami sangat senang jadi bagian kegiatan puncak Spekta Merah Pawai Hias 1000 Komunitas 1000 Kreativitas. Melalui puncak kegiatan Spekta Merah ini, bisa mempererat rasa kebersamaan para komunitas yang ada di daerah. Semangat solidaritas ini juga berdampak baik, tidak saja menyalakan semangat terus bergotong royong, namun bisa mewujudkan kreativitas kami sekaligus menjadi wadah menunjukkan kreativitas komunitas kami kepada masyarakat luas. Sungguh komunitas kami di daerah Karawang merasa bangga jadi bersejarah pemecahan rekor MURI pawai Hias dengan Komunitas terbanyak se Indonesia." ucap Eyang Edi.

Untuk Pawai Hias di Kabupaten Karawang sendiri, selain oleh Komunitas setempat juga diikuti oleh Komunitas dari Subang, Bogor dan Bandung, yang mengapreasi penuh digelarnya acara spektakuler tersebut.

Sebagai Sesepuh, Incu Abah wilayah Cihanjuang, yang juga Ketua Lingkung Seni Incu Abah, Heri Sopian, mengaku senang dapat terlibat dalam pawai hias yang dipersiapkannya sekitar satu minggu lamanya, dengan konsep Kuda Lumping yang bahan bahannya dibuat dari triplek.

"Memilih konsep untum pawai hias kendaraan berupa Kuda Lumping yang ditujukan untuk melestarikan budaya. Saya juga senang di kegiatan ini dapat bertemu dengan komunitas lain dari Bandung seperti kumala, Burangrang Mijah, Gudang Kahuripan serta dari bogor dan subang."pungkas Heri.

Penulis: Maria Machdalena
Editor:Atta

Baca Juga