Porprov VI Jatim 2019

Percasi Sidoarjo Sukses Sumbang 4 Emas

Pecatur senior Sidoarjo yang juga Wakil Ketua Umum Percasi Jatim, Yusuf Santriyono, alias Yoyo, kesehariannya adalah seorang guru bidang studi olahraga di SDN Krian 4, Sidoarjo. (Foto: dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Atlet Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Sidoarjo yang diketuai H. Mustain Baladan ini sukses mendulang prestasi dengan menyumbangkan empat emas pada perolehan medali untuk Kontingen Sidoarjo hingga masuk lima besar, yakni peringkat tiga klasemen Porprov VI Jatim 2019 yang digelar awal Juli 2019 lalu.

"Empat medali emas yang diraih Percasi Sidoarjo pada Porprov VI Jatim itu sungguh prestasi luar biasa, karena sebelumnya hanya mendapatkan satu medali emas," kata Pecatur senior Sidoarjo yang juga Wakil Ketua Umum Percasi Jatim, Yusuf Santriyono, akrab disapa Yoyo ini pada Akuratnews.com, Kamis (1/8/2019).

Dijelaskan Yoyo, empat medali emas tersebut diperoleh dari kemenangan dua perorangan dan dua beregu.

Ketika disinggung mengenai rekrutmen atlet catur yang bisa mewakili kontingen Sidoarjo untuk ikut Porprov VI Jatim 2019, Yoyo mengungkapkan, diawali dari kegiatan Porlakab, Porkab dan selanjutnya, seleksi dan latihan selama dua bulan jelang pekan olahraga yang diselenggarakan Pemprov itu.

"Para atlet catur yang direkrut masuk kontingen Sidoarjo mengikuti Porprov itu tidak mudah. Selain melalui seleksi, juga saat berlatih, mereka dihadapkan lawan senior lebih tangguh sebagai sparing partner (mitra tanding). Ya, sparing partner dengan sejumlah master di Sidoarjo. Untuk diketahui, mereka yang ikut catur pada Porprov itu usianya di bawah 17 tahun," terang guru bidang studi olahraga di SDN Krian 4, Sidoarjo ini.

Selanjutnya, Yoyo berharap, guna memacu semangat para atlet pemula, termasuk penghobi catur, serta lebih dikenal masyarakat luas, KONI Sidoarjo mau mengadakan acara kirab atlit peraih medali Porprov VI Jatim pada momen tertentu, semisal menyambut HUT Kemerdekaan RI.

"Nah, kirab para atlet peraih medali itu, saya usulkan namanya 'Parade Sang Juara'. Mereka dengan kalungan medali, diarak dengan menggunakan mobil jip terbuka," pungkasnya tersenyum.*

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga