Perdana Australia Tegaskan Covid-19 Berasal dari Pasar Satwa Liar China

Jakarta, Akuratnews.com - Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut kemungkinan Coronavirus Disease 2019 atau COVID-19 berasal dari pasar satwa liar di China.

Morrison mengatakan Australia tidak melihat bukti untuk mengubah pandangannya bahwa virus itu bermula dari pasar satwa liar. Kendati demikian, ia tidak mengesampingkan teori Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

"Kami tidak dapat mengesampingkan penyesuaian ini yang saya katakan kemarin, tetapi kemungkinan besar berada di pasar basah satwa liar," kata Morrison kepada awak media di Canberra, dikutip dari Reuters, Selasa (5/5/2020).

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Donald Trump pekan lalu juga mengaku dirinya yakin bahwa virus korona kemungkinan berasal dari sebuah laboratorium virologi di China. Ia bahkan mengklaim memiliki bukti, meski menolak untuk menunjukkannya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terlebih dahulu mengatakan, Amerika tidak memberikan bukti yang mendukung klaim spekulatif Presiden Trump bahwa virus korona berasal dari laboratorium di Wuhan, China.

"Kami belum menerima data atau bukti spesifik dari pemerintah Amerika Serikat yang berkaitan dengan asal-usul virus, jadi dari sudut pandang kami, ini tetap spekulatif," kata Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan di Jenewa, Swiss.

Penulis: Redaksi

Baca Juga