Pergantian Antar Waktu Bawaslu Surabaya Picu Rotasi Ketua

Bawaslu Kota Surabaya
Foto : Kantor Bawaslu Kota Surabaya

Surabaya, Akuratnews.com - Pasca pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya Lilies Pratiwining Setyarini, Bawaslu Surabaya langsung bergerak cepat untuk melakukan rotasi jabatan anggotanya.

Melalui rapat pleno yang telah diadakan tanggal 2 Agustus 2021 lalu, menghasilkan dua agenda besar yang dilakukan Bawaslu Surabaya. Pertama adalah pergantian divisi, dan kedua pergantian ketua Bawaslu Surabaya.

Ketua Bawaslu Jatim, Moh Amin membenarkan, bahwa Bawaslu Surabaya telah melakukan rapat pleno terkait perubahan divisi serta perubahan ketua. Namun ia mengaku belum menerima laporan resmi dari Bawaslu Surabaya.

"Kabar sementara Bawaslu Surabaya telah melakukan pleno penugasan divisi dan pergeseran ketua, pastinya saya belum tahu, sampai saat ini, belum ada laporan resmi dari Surabaya, kalau itu benar, biasanya hasil pleno akan dinilai oleh Bawaslu RI terkait pelaksanaanya," jelasnya saat dihubungi, Jumat, (06/08/2021).

Mengacu prinsip kolektif kolegial, seperti didasarkan pada UU nomor 7 tahun 2017 pasal 141, setiap anggota Bawaslu memiliki hak suara yang sama. Hal ini pula yang kemudian membuat hak suara setiap anggota baik anggota bawaslu lama maupun PAW Bawaslu Surabaya Lilies Pratiwining Setyarini menjadi diperhitungkan.

Diperhitungkannya suara Lilies, dengan demikian mampu merubah peta di internal Bawaslu. Hal itu pula yang memungkinkan terjadinya perubahan ketua maupun divisi dapat terjadi dalam sebuah agenda rapat pleno yang akan melibatkan lima komisioner.

Pasca putusan pleno, alur administrasi yang harus ditempuh sejatinya adalah menyerahkan laporan resmi terkait hasil pleno ke Bawaslu RI melalui Bawaslu Jatim. Namun Amin mengatakan, hingga hari ini belum ada laporan resmi yang diserahkan ke Bawaslu Jatim. "belum ada laporan resmi mas," ungkapnya.

Di sisi lain, Hidayat, Koordiv. Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga membenarkan adanya rotasi dan reposisi struktural di Bawaslu Surabaya.

"Iya mas ada reposisi dan rotasi divisi. Dalam pleno tersebut Pak Usman ditunjuk sebagai ketua merangkap divisi hukum data informasi (HDI), Lilies Pratiwi divisi SDM, divisi penanganan pelanggaran (PP) Muhammad Agil, penyelesaian sengketa (PS) tetap pak Hadi Margo, dan saya juga tetap divisi yang sama," katanya, dikutip dari Bangsaonline.com.

Penulis: Arga

Baca Juga