Perhutani Borong Empat Penghargaan Digitech Award 2022

AKURATNEWS - Perum Perhutani meraih empat penghargaan utama DIGITECH Award 2022 termasuk ‘The Best CEO for Corporate Digital Transformation (Dirut Perhutani, Wahyu Kuncoro), dan The Best Chief Human Capital & Information Technology Officer (Direktur SDM, Umum, dan TI Perhutani, M Denny Ermansyah) dari Itech sebagai bukti keberhasilan proses transformasi digital yang mengintegrasikan Manusia, Bisnis Proses, Mesin, Fisik Sumber Daya Hutan dan Industri Kehutanan di Perhutani.

Direktur SDM, Umum, dan TI Perhutani, Muhamad Denny Ermansyah menjelaskan Perum Perhutani telah menyusun Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) tahun 2020 – 2024 dengan dibantu Konsultan Independen - KPMG sejak September 2020. Pembahasan terus dilakukan baik dengan Dewan Pengawas maupun Kementerian BUMN.

“Hal ini membuktikan transformasi digital Perhutani sudah berjalan baik. Platform Digital di Perhutani akan mengintegrasikan Manusia, Bisnis Proses, Mesin, Fisik Sumber Daya Hutan dan Industri Kehutanan Secara Digital,” jelas Denny Ermansyah usai acara di Jakarta, Rabu (30/3).

Ajang DIGITECH Award 2022 diselenggarakan Itech yang didukung pakar di bidang Teknologi Informasi, Innovation, Corporate Transformation, Strategic Management, Finance, Insurance, ICT, Riset & Inovasi, Dewan dari berbagai institusi, baik pemerintah maupun profesional yang tergabung dalam Dewan Juri DIGITECH Award 2022.

Acara yang mengusung tema 'Embracing Digital Economy with Corporate Digital Risk & Governance' ini didukung para pakar dan profesional bidang Information and Communication Technology (ICT), Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, Riset dan Inovasi.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Irnanda Laksanawan Chairman of BusinessNews Indonesia kepada Perhutani yang diterima Direktur SDM, Umum dan IT Perhutani Muhamad Denny Ermansyah berupa penghargaan kategori ‘THE BEST DIGITAL TECHNOLOGY PROJECT IN FORESTRY INDUSTRIES’, ‘THE BEST DIGITAL TRANSFORMATION IN FORESTRY INDUSTRIES’, ‘THE BEST CEO FOR CORPORATE DIGITAL TRANSFORMATION’ (WAHYU KUNCORO) dan ‘THE BEST CHIEF HUMAN CAPITAL & INFORMATION TECHNOLOGY OFFICER’ (MUHAMAD DENNY ERMANSYAH).

Denny Ermansyah menambahkan, melalui langkah-langkah strategis dalam menghadapi bisnis kedepan, perkembangan bisnis global, merancang inovasi, pengembangan talenta, Digital Transformation Forest Management berimpact pada pendapatan dan laba bersih Perhutani yang meningkat.

Dalam penyusunan Inisiatif Strategis RJPP, tambahnya, Perum Perhutani telah menyesuaikan dengan 5 Prioritas Kementerian BUMN yang merupakan turunan dari 5 Arahan Presiden dan 7 Agenda Pembangunan dalam RPJMN 2020–2024.

“Untuk mencapai sasaran perusahaan dalam RJPP periode 2020-2024 telah disusun strategi perusahaan dengan tagline RISE yang dijabarkan menjadi 17 inisiatif strategis, salah satunya adalah Digital Transformation Forest Management,” ujarnya.

Pada sambutannya Irnanda Laksanawan menyampaikan bahwa Perusahaan yang mendapatkan penganugerahan DIGITECH Award 2022 merupakan Perusahaan yang terbaik dalam melakukan Transformasi Digital dan leadership teknologi pasca pandemi Covid-19 dengan menerapkan Digitalisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan pelayanan terhadap pelanggan maupun mitra bisnisnya.

“Penganugerahan penghargaan ini melalui proses penjurian yang ketat oleh para juri profesional, yang menerima Penghargaan tentunya yang terbaik sehingga dapat menjadi kebanggaan bangsa, selamat bagi para penerima penghargaan DIGITECH Award 2022, semoga menjadi motivasi untuk terus membawa Perusahaanya lebih baik,” kata Irmanda.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri, Haryono Soeparno mengungkapkan bahwa para dewan juri melakukan penjurian dan membedah seluruh informasi untuk memberikan penilaian dan meyakinkan Pemerintah juga rakyat, bahwa proses Creating Value transformasi inovasi sedang berlangsung di Indonesia dan sangat cepat.

“Dengan penjurian ini diharapkan perusahaan dan dewan juri dapat bertukar pikiran mengenai transformasi digital, tentu hal ini menjadi pembelajaran penting bagi kita semua teruatama untuk penerapan digitalisasi di Indonesia,” ujarnya.

Perum Perhutani mendapatkan penilaian dari dewan juri dengan nilai yaitu, 5.45 dari nilai sempurna 6.00, dengan penilaian berdasarkan pada Keterbukaan (Transparency), Akuntabilitas (Accountability), Pertanggungjawaban (Responsibility), Kemandirian (Independency), Kesetaraan dan kewajaran (Fairness).

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga