Periksa Wadirut PT Pertamina, Kejagung Diminta Transparan

Mamit Setiawan, Direktur Energy Wacth.

Jakarta, Akuratnews.com - Direktur Energy Wacth, Mamit Setiawan, mengatakan pemeriksaan Wakil Direktur Utama ( Wadirut) PT Pertamina, Ahmad Bambang oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait dugaan kasus korupsi penyediaan dan operasi kapal pada PT Pertamina Trans Kontinental tahun 2012-2013 harus dilakukan secara transparan.

"Pendapat saya kira dengan kasus ini adalah kita tetap mendukung proses hukum di  Indonesia terlepas dari muatan politis atau tidak," kata Mamit kepada Akuratnews.com,  Kamis (2/02/17).

Mamit mengaku, potensi untuk terjadinya pelanggaran hukum terkait trans kontinental tersebut sangat besar. Tetapi tinggal bagaimana kejagung dalam memproses kasus tersebut.

"Transparansi dalam proses hukum harus tetap ada," jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, tidak hadir dalam pemanggilan, Kejagung harus menunda memeriksa terhadap Wakil Direktur Utama ( Wadirut) PT Pertamina ( Persero), Ahmad Bambang.

Wadirut PT Pertamina tersebut rencananya diperiksa penyidik Pidana Khusus (Pidsus)s ebagai saksi  dugaan korupsi penyediaan dan operasi kapal pada PT Pertamina Trans Kontinental tahun 2012-2013.

"Kasusnya masih dalam penyelidikan,kemarin rencananya memang dimintai keterangan, tetapi yang bersangkutan tidak hadir," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, M Run, Selasa (31/01/17).

Sementara, PT Pertamina saat ini sedang terbelit sejumlah kasus korupsi,selain perkara kasus korupsi penyediaan dan operasi kapal pada PT Pertamina Trans Kontinental tahun 2012-2013, ada dua perkara yang telah masuk ke tahap penyidikan umum (dikmum) diantaranya, dugaan korupsi di tubuh Dana pensiun Pertamina dan dugaan korupsi di tubuh Pertamina Patra Niaga. (Agus)

Penulis:

Baca Juga