Peringati Deklarasi Kemerdekaan West Papua, AMP Gelar Aksi di Grahadi Surabaya

Aliansi Mahasiswa Papua, saat menggelar aksi di depan Gesung Grahadi Surabaya. Selasa (1/12/20)

Surabaya, Akuratnews.com - Puluhan pemuda dari Aliansi Mahasiswa Papua, menggelar demonstrasi, peringatan hari deklarasi kemerdekaan West Papua, di Gedung Negara Grahadi, pada Selasa, 1 Desember 2020.

Juru bicara massa aksi, Rudi Wonda mengatakan, demonstrasi hari ini merupakan salah satu bentuk peringatan proses deklarasi kemerdekaan West Papua.

“Hari kemerdekaan bangsa Papua yang dirayakan melalui demonstrasi di seluruh Indonesia, bahkan di internasional, untuk merayakan proses deklarasi kemerdekaan Papua,” kata Rudi, di lokasi aksi.

“Bagaimana rezim Soekarno datang atas dorongan imperialisme atau investasi kepentingan dan relasi Pt. Freeport yang kemudian mengklaim bahwa tanah papua itu bagian dari indonesia,” tambah Rudi.

Setelah itu, lanjut Rudi, pemerintah Indonesia melakukan perjanjian dengan beberapa negara besar lain untuk membahas SDA. Namun, tanpa dihadiri perwakilan dari rakyat Papua.

“Jadi sesudah itu melalui neo aggrement Indonesia, Belanda dan Amerika melakukan suatu perjanjian yang membahas soal hak-hak rakyat Papua, Tapi tak pernah melibatkan rakyat Papua,” jelasnya.

Oleh karena itu, Rudi mengungkapkan bahwa hari ini merupakan sebuah momentum agar warga sekitar mengingat hari deklarasi kemerdekaan West Papua, dan menuntut pemerintah mengakuinya.

“Kami selalu menuntut untuk pengakuan, Negara Republik Indonesia harus mengakui bahwa rakyat Papua sudah merdeka tanggal 1 desember 1991 dan segera berikan haknya,” pungkasnya.

Penulis:

Baca Juga