Peringati Hari AIDS Sedunia, Puluhan Mahasiswa Lakukan Aksi di Kota Semarang

Semarang, Akuratnews.com - Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Anti Narkoba (Forman) kota Semarang melakukan aksi turun jalan di area Car free Day.

Syamsudin mahasiswa UNNES selaku ketua pelaksana Aksi turun jalan mengatakan, hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS  (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) di seluruh dunia yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus)..

“Tujuan diadakan aksi turun jalan ini adalah untuk memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya,” Syamsudin.

Berlangsung di Simpang Lima kota Semarang pada hari Minggu (1/12), aksi yang bertujuan memperingati hari AIDS Sedunia sekaligus mengedukasi masyarakat dengan memberikan penjelasan mengenai bahaya AIDS serta cara penanggulangannya. Dalam aksi tersebut juga meminta agar masyarakat memberikan rasa empati yang tulus kepada para penyandang HIV/AIDS (ODHA).

Aksi tersebut dilakukan mengingat jumlah ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) di Indonesia semakin bertambah banyak, berdasarkan  data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Triwulan II tahun 2018 mencatat dari 21.336 kasus HIV positif, tercatat sebanyak 6.162 karena AIDS . oleh sebab itu, harus ada gerakan yang masif untuk mencegah penyebaran wabah HIV AIDS.

“Dalam kegiatan hari ini, kita melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang AIDS dan melakukan longmarch sebagai bentuk dukungan kepada ODHA,” Lanjut Syamsudin.

Sebagai bentuk peringatan hari AIDS Sedunia, aksi tersebut dimulai dengan Sosialisasi ke masyararakat di area tersebut tentang bahaya AIDS serta cara penanggulannya, kemudian dilanjutkan dengan Longmarch bersama-sama sebagai bentuk dukungan terhadap ODHA.

Selain itu, masyarakat yang berada di area tersebut juga turut antusias dengan adanya aksi yang dilakukan oleh puluhan mahasiswa tersebut.

“Aksi turun jalan memperingati hari AIDS sedunia sudah cukup baik, walapun yang memeberi sosialisasi masih terkesan malu-malu tapi bagi saya itu sudah bagus karena mengedukasi masyarakat luas” tutur Annisa.

Seperti halnya yang dituturkan oleh Annisa, mayoritas masyarakat yang berada di area Car Free Day juga turut antusias dengan adanya aksi turun jalan tersebut dilihat dari banyaknya masyarakat yang memfokuskan perhatian pada aksi tersebut.

Penulis: Eric Susanto

Baca Juga