Peringati Hari Pahlawan, Gubsu Ingatkan Generasi Muda Tidak Boleh Lupakan Pahlawan

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Sumut Ibnu Sri Utomo dan para pejabat menarikan tarian Ahoi pada peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (10/11/2018).

Medan, Akuratnews.com – Sebagai calon pemimpin bangsa diharapkan dapat menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut, serta mempertahankan Kemerdekaan RI.

Semangat patriotisme dan nasionalisme para pahlawan agar tetap ditanamkan kepada generasi muda sebagai harapan bangsa, dan ke depan merupakan calon-calon pemimpin nasional.

Generasi muda tidak boleh melupakan perjuangan para pahlawan, karena mereka mempunyai nilai sejarah pada negara dan perlu dihargai serta dihormati.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Sumut H.Edy Rahmayadi, diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Sumut Ibnu Sri Utomo, pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018, di Lapangan Benteng Medan, Sabtu (10/11/2018).

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai jasa-jasa para pahlawan dan tidak pernah melupakan perjuangan pahlawan," ujar Ibnu.

Ia mengatakan, merasa bangga dengan para pelajar dan generasi muda yang hadir pada peringatan Hari Pahlawan tersebut. Karena, para pemuda lah yang akan meneruskan tongat estapet kepemimpinan di negeri ini, melanjutkan pembangunan bangsa dan negara.

Diharapkan kepada para pemuda agar dapat membangun Indonesia agar semakin lebih baik lagi, dan termasuk Provinsi Sumatera Utara maupun Kota Medan.

"Mari kita bangun secara bersama-sama wilayah Provinsi Sumatera Utara yang bermartabat," kata mantan Plt Sekda Provinsi Sumut itu.

Sebelum acara peringatan Hari Pahlawan tersebut, dilaksanakan pawai dan karnaval puluhan unit mobil hias dari institusi militer, pemerintahan, sepeda ontel, untuk menyemarakkan hari yang bersejarah.

Kemudian, dilanjutkan penyerahan bingkisan dari Kasdam I/BB Brigjen TNI Hasanuddin kepada para Pejuang Angkatan 45 yang berada di Kota Medan. Selanjutnya, pagelaran tari Ahoi yang dibawakan ratusan pemuda untuk menyemarakkan Hari Pahlawan.

Pada acara tersebut, juga dihadiri Kasdam I/BB Brigjen TNI Hasanuddin, Wakil Wali kota Medan H.Akhyar Nasution, dan undangan lainnya.

Terpisah, Walikota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Wakil Walikota Medan, Ir. Akhyar Nasution, M.Si mengikuti jalannya upacara nasional dalam rangka memperingati hari pahlawan, di Taman Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja Medan, Sabtu (10/11/2018).

Upacara yang berlangsung khidmat ini di pimpin langsung oleh Pangdam I/BB, Mayor Jenderal MS Fadhilah serta diikuti oleh unsur TNI, POLRI, ASN dan Unsur Kepemudaan.

Turut hadir dalam upacara tersebut, FKPD Provinsi Sumut dan Kota Medan, Sekda Kota Medan, Ir. Wirya Alrahman,MM, pimpinan OPD di lingkungan Pemko Medan dan Legiun Veteran Republik Indonesia.

Usai melaksanakan upacara, Pangdam beserta peserta upacara lainya ziarah ke makam para pahlawan yang telah gugur. (HSP)

Penulis:

Baca Juga