Peringati Hari Perdamaian Dunia, Unhan Gaungkan Pemilu Damai

Bogor, Akuratnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Perdamaian Dunia ke-70, Universitas Pertahanan (Unhan) menyelenggarakan kegiatan seminar nasional bertajuk “The Right to Peace - The Universal Declaration of Human Rights at 70” di kampus bela negara Unhan, Kabupaten Bogor, Jumat (21/9/2018).

Kegiatan seminar yang dipimpin oleh Plt. Rektor Unhan Prof. Dr. Ir. Dadang Gunawan, M.Eng, itu menghadirkan empat keynote speaker yaitu Prof. Dr. Haffid Abbas (Ketua Komnas HAM periode 2014/2015), Prof. Dr. Franz Magnis Suseso, SJ (Ketua Pengurus Yayasan Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkarta Jakarta), Dr. Margaretha Hanita, M.Si (Peneliti LIPI dan Dosen Unhan) serta Dr. Mulyadi, S.Sos, M.Si (Tenaga Ahli Bawaslu RI).

Pada diskusi itu juga dilakukan deklarasi perdamaian yang berisi kecaman keras atas segala bentuk kekerasan dan kesewenang-wenangan yang terjadi di seluruh dunia, menyerukan penghapusan segala bentuk diskriminasi yang terkait suku, agama, dan ras.

Dan menyerukan untuk saling menghargai, menghormati, dan menyebarkan budaya damai dalam semua aspek kehidupan dalam mencegah dan menyelesaikan kekerasan dan konflik. Seluruh civitas akademik Unhan berkomitmen untuk terlibat aktif menjadi pelopor dan pelaku dalam mewujudkan dunia yang penuh dengan damai, harmonis, dan cinta.

Plt. Rektor Unhan dalam amanatnya menyampaikan, bahwa tema hari perdamaian dunia ini difokuskan pada penumbuhan kesadaran dan penggugahan semangat memperjuangkan Hak Asasi Manusia (HAM), salahsatunya hak untuk mendapatkan perdamaian.

"2019 Indonesia akan menghadapi pemilu, sehingga perlu pemahaman Pemilu damai agar stabilitas tetap terjaga. Bukan hanya Unhan, tapi seluruh komponen bangsa harus bersama-sama dalam menciptakan suasana damai," kata Dadang Gunawan.

"Unhan terpanggil untuk bersama-sama seluruh komponen menciptakan penyelenggaraan pemilu damai. Karna bagi kami sekarang ini, menyuarakan perdamaian menjadi kebutuhan dasar," sambungnya.

Seminar nasional ini dihadiri seluruh pejabat Eselon I,II, III dan IV serta Dosen Unhan. (Yan)

Penulis:

Baca Juga