Peringati HUT RI ke-74, KAI Meriahkan Dengan Berbagai Kejutan

Jakarta, Akuratnews.com - Memperingati HUT RI ke-74, Kereta Api Indonesia turut memeriahkan dengan menggelar berbagai event, dari mulai lomba, pemutaran video proklamasi menjelang detik-detik peringatan, pameran foto sejarah perkeretaapian, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, peluncuran KA tematik kemerdekaan, hingga pelayan boarding stasiun yang menggunakan pakaian nuansa merah putih, dan santunan kepada anak yatim.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, mengatakan KAI telah mempersiapkan event-eventvyang digelar pada hari ini dengan membuat reading kereta api bertemakan HUT Kemerdekaan RI 74 Tahun.

"PT KAI Daop 1 Jakarta, menghias 8 kereta dengan nuansa/tematik merah putih, hal ini merupakan pertama kalinya dilakukan PT KAI untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI. Selain itu pula, dipamerkan foto foto sejarah perkeretaapian dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satu yang menarik dan membanggakan bagi kami adalah upaya penyelamatan Bung Karno, Bung Hatta, dan seluruh anggota Kabinet ke Yogyakarta menggunakan rangkaian Kereta Api Luar Biasa (KLB) yang diberangkatkan dari Stasiun Manggarai,” ujarnya kepada awak media di Stasiun Gambir, Jakarta, (17/8).

"Di Gambir ada beberapa kegiatan. Seperti tadi pagi ada upacara bendera, dan persiapan menceritakan sejarah kemerdekaan di Indonesia tentang keterlibatan KAI dalam rangka merebut kemerdekaan Indonesia. Ada lomba dengan para penumpang yang ada di Gambir. Paling penting, memberikan promo kereta lokal dari Purwakarta ke Tanjung Priok dan sebaliknya," tambahnya.

Puncak peringatan di Stasiun Gambir untuk Daop 1 Jakarta, tepat pukul 10.00 WIB calon penumpang dan pengunjung yang ada di stasiun Gambir akan diajak mengheningkan cipta dan menyaksikan penayangan pembacaan teks Proklamasi. Selanjutnya, dimeriahkan dengan berbagai lomba 17 Agustus bersama para penumpang di Hall Selatan dengan berbagai hadiah menarik, yang salah satunya berupa voucher tiket KA kelas eksecutif.

"Para penumpang kita ajak bersama karena ini merupakan moment hiburan rakyat, dengan menggelar lomba yang terkait dengan semangat kemerdekaan. Termasuk juga jam 10.00 WIB pembacaan teks proklamasi dan di dalam kereta juga ada. Haraoannya agar semua penumpang dan masyarakat hari ini sama memperingati HUT kemerdekaan," tandasnya.

Penulis:

Baca Juga