oleh

Peringati World Cancer Day, RSCM Edukasi Masyarakat Melalui Pembagian Makanan Sehat

Jakarta, akuratnews.com – Memperingati World Cancer Day (Hari Kanker Sedunia) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), memberikan edukasi kepada masyarakat akan gaya hidup sehat melalui membagikan makanan sehat kepada para penderita kanker di lingkungan RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Dalam peringatan Hari Kanker Sedunia kali ini, RSCM berkomitmen memberikan pelayanan tata Iaksana kanker yang komprehensif secara multidisiplin. Mulai dari tindakan pencegahan melalui screening, penegakan diagnosis, penatalaksanaan terapi, hingga suponif rehabilitatif dan paliatif.

Keberadaan pelayanan multidisiplin ini menghadirkan keputusan terapi yang lebih baik Iagi bagi pasien. Tahun ini tim Oncology Center RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo membagikan 500 paket makanan sehat kepada pasien-pasien kanker di RSCM yang diiharapkan dapat membantu pasien.

“Jadi memang acara ini bertepatan dengan Hari kanker sedunia atau World Cancer Day, di mana pada tanggal 4 Februari di seluruh dunia, memperingati tentang kanker. Jadi yang diperingati adalah bahwa kanker merupakan suatu penyakit yang bisa dicegah kemudian bisa diobati dan terkontrol dengan baik asalkan ditemukan dalam stadium awal,” ujar dr. Arie Munandar, Sp. Onk, Rad, di Jakarta, (4/2).

Dirinya menegaskan, pesan yang disampaikan kepada masyarakat bahwsannya kanker bisa dicegah adalah, bahwa hampir sepertiga dari penyakit kanker ini bisa dicegah hanya dengan pola hidup sehat yaitu dengan melakukan ada istilahnya Cerdik.

“Cerdik berarti, cek kesehatan secara rutin, enyahkan asap rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup dan kelola stress. Pada kegiatan ini di RSCM onkologi centre pelayanan kanker terpadu bersama Radioterapi RSCM membagikan makanan sehat. Tujuannya memberikan makanan sehat kepada pasien-pasien kanker yang sedang berobat di radioterapi dan juga berobat di RSCM, terutama di rawat inap. Intinya memberikan pemahaman melalui pola hidup sehat melalui asupan makanan,” katanya.

Sekitar 70% kematian akibat kanker terjadi pada negara berkembang. Data WHO (Globocan 2018) menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat sekitar 348.809 kasus kanker baru, dan angka kematian akibat kanker mencapai 207.210. Hal ini disebabkan karena sebagian besar (sekitar 65%) pasien datang saat stadium sudah lanjut sehingga penanganannya lebih bertujuan untuk peningkatan kualitas hidup atau paliatif dibandingkan dengan tujuan mengontrol tumor dan mencegah penyebaran/kuratif. Padahal, lebih dari 40% kasus kanker dapat dicegah dan sepertiganya dapat disembuhkan bila terdeteksi dini.

Dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo berkomitmen memberikan pelayanan tata Iaksana kanker yang komprehensif secara multidisiplin mulai dari tindakan pencegahan / screening, penegakan diagnosis, penatalaksanaan terapi, hingga suportif rehabilitatif dan paliatif. Keberadaan pelayanan multidisiplin ini menghadirkan keputusan terapi yang lebih baik Iagi bagi pasien.  

Adapun sepanjang bulan Februari tim Oncology Center RSCM-FKU I akan mendukung seluruh rangkaian kegiatan Komite Penanggulangan Kanker Nasional dalam rangka memperingtai hari Kanker Sedunia diantaranya Training OfSpeakers di IMERI FKUI dan webinaf mengenai kanker untuk masyarakat di seluruh Indonesia.

Loading...

Komentar

News Feed