Perkuat Program Desa Wisata di Manggarai, Heribertus Erik San Donasikan Buku

AKURATNEWS - Ketua Umum Lembaga Pusat Pengkajian Kebijakan Pembangunan Daerah (LPPKPD) Heribertus Erik San sumbangkan buku kepada Pemerintah Desa Bangka Jong, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, NTT, Kamis (17/3).

Buku Pertanian Holtikultura yang berjudul “Model Pembangunan Pertanian Hortikultura Kabupaten Manggarai: Paradigma Program dan Strategi Inovasi ini, diserahkan langsung olehnya. Dalam penyerahan ini turut hadir Ferdinandus Ampur Selaku Kepala Desa Bangka Jong disertai aparat dan staf.

“Buku ini hasil riset program pertanian hortikultura Pemerintah Kabupaten Manggarai. Buku ditulis oleh saya sendiri dan telah diluncurkan secara resmi di Aula Nucalale, Kantor Bupati Manggarai pada tahun 2020. Isi buku memuat tentang potensi pertanian Kabupaten Manggarai dan strategi inovasi program pengembangan sub sektor pertanian hortikultura ke depannya”, Ujar Heribertus Erik San kepada Media Ini.

Menurutnya Komoditas hortikultura merupakan komoditas yang sangat penting dan strategis, karena jenis komoditas ini merupakan kebutuhan pokok manusia yang hakiki, yang setiap saat selalu harus tersedia dalam jumlah yang cukup, dengan mutu yang layak, aman di konsumsi dan dengan harga yang dapat dijangkau oleh masyarakat.

"Dalam memenuhi kebutuhan akan produk hortikultura, diperlukan usaha peningkatan produksi yang mengarah kepada peningkatan efisiensi usaha atau produktivitas, mutu produk, keanekaragaman produk, dan kontinuitas. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan pemanfaatan sumber daya alam yang optimal, pelaksanaan kegiatan dalam skala usaha yang layak, peningkatan kualitas dan kemampuan sumber daya manusia dalam manajemen usaha yang baik, serta peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan agribisnis hortikultura”, ungkap alumni Pasca Sarjana Administrasi Kebijakan Publik Universitas Nasional Jakarta ini.

Lebih lanjut Erik San menjelaskan, buku ini bisa menjadi salah satu referensi dalam usaha pengembangan kapasitas petani di Desa Bangka Jong, dengan penguasaan ilmu dan teknologi bidang pertanian yang mumpuni.

"Semoga buku ini bermanfaat baik untuk pemerintah desa maupun untuk seluruh petani di Desa Bangka Jong,” tutup Alumni PMKRI ini.

Ferdinandus Ampur selaku Pemerintah Desa Bang Jong, mengucapkan terima kasih atas sumbangan buku dari Heribertus Erik San.

“Salah satu program prioritas Pemerintah Desa Bangka Jong Periode 2021-2027 adalah menjadikan Desa Bangka Jong sebagai desa wisata. Grand desain program desa wisata sudah kami rancang bersama dan tunggu dukungan anggaran dan pelaksanaan program" Ungkapnya.

Diripun yakin bahwa dalam menyongsong desa wisata perlu dukungan pengembangan potensi pertanian hortikultura dan peternakan sebagai penyokong kebutuhan wisatawan atau pengunjung ke depannya. Oleh karena itu sumbangan buku ini sangat bermanfaat dan bisa menjadi literasi untuk kami bagikan kepada kelompok tani di Desa Bangka Jong.

"Pertanian hortikultura maupun peternakan merupakan sub sektor yang mendukung perekonomian masyarakat Desa Bangka Jong. Karena itu, Pengembangan pertanian hortikultura dan peternakan sumbangan yang cukup bagi perekonomian warga yang dapat dilihat dari jumlah rumah tangga yang mengandalkan sumber pendapatan dari sub sector ini, peningkatan pendapatan, perdagangan maupun sumber pangan warga”, tuturnya.

Diakhir pernyataannya, Kepala Desa Bangka Jong berharap kedepan perlu ada sinergitas.

"Kami tetap mengharapkan dukungan dari banyak pihak untuk mendukung keberhasilan program ke depannya. Kami menyadari perlu ada sinergitas bersama untuk kemajuan Desa Bangka Jong. Selaku Kepala Desa dan Aparat Desa bersama masyarkat, saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua LSM LPPKPD, Heribertus Erik San atas sumbangan buku ini. Semoga kerja sama kita terjalin erat ke depannya.” Tutup Ferdinandus Ampur.***

Penulis: Aristo
Editor: Ahyar

Baca Juga