Strategi Kembali Jadi Macan Asia dan Dunia

Perlu ‘Gila’ dan Nyali Besar Buat Bangun Negeri Ini Berdaulat

Jakarta, Akuratnews.com - Butuh sebuah pencerahan sekaligus solusi out of box guna mengubah belief system bangsa Indonesia agar kembali menjadi macan Asia dan dunia.

"Untuk membangun negara ini, kita perlu 'gila'. Dan itu semua butuh nyali yang besar," tegas pengusaha yang juga pengamat sosial politik, Mardigu Wowiek Prasantyo di sela-sela bincang santai bertajuk 'Solusi Pengelolaan Negara Berdasarkan Analisa SWOT NKRI' di Jakarta, Selasa (13/8).

Dirinya yakin dengan dengan pengelolaan negara yang baik serta fokus memanfaatkan seluruh potensi sumber daya alam dan posisi geografisnya, Indonesia mampu berdaulat di bidang pangan, energi, pertahanan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

"Hal itu bukan mustahil bagi Indonesia. Indonesia dapat melebihi Cina dan Amerika Serikat jika kita berani merevolusi diri kita sendiri sebagai bangsa dan rakyat Indonesia yang berdaulat sepenuhnya terhadap tujuh gatra yang kita miliki," tandasnya.

Salah satu persoalan besar bangsa ini, menurutnya, adalah rendahnya tingkat pendidikan rata-rata masyarakat plus persoalan mentalitas.

"Jadi yang utama lebih dulu diperbaiki adalah sistemnya. Bangsa kita itu malas. Attitude (sikap) harusnya dirubah, mengubah belief system. Jika tidak, jangan harap masalah berubah,” ungkapnya.

Soal lemahnya mentalitas ini, Mardigu mengambil contoh kecil.

“Kita lihat di kota (Jakarta Kota), engkoh-engkoh makan, buka baju, meludah sembarangan. Tapi kalau ke Singapura mereka tertib kok. Sebaliknya orang Singapura datang ke Indonesia (Jakarta Kota), mereka juga ikutan meludah di mana-mana. Jadi sistemnya yang harus dibangun,” ujarnya.

Ia berharap, melalui paparan yang telah sampaikannya bisa dibaca dan pesannya sampai kepada para pengelola negara yang akan dilantik dalam waktu dekat ini.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga