Perpani Kolaka Ajak Pemanah Se-Sultra Ikuti Bupati Cup 2022

AKURATNEWS - Pengurus Cabang (PC) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Kolaka akan menyelenggaran kejuaran panahan terbuka yang bertajuk Bupati Kolaka Cup 2022.

Kejuaran yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 7 Agustus 2022 di Stadion Gelora 45 ini, terinisiasi oleh PC Perpani Kolaka dengan Kolaka Archery Club (KAC) dan Antam Pomalaa Archery (Apache) serta didukung oleh Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei.

Menurut Ketua PC Perpani Kolaka, H.M.Ismail, kejuaraan ini merupakan upaya untuk mendukung perkembangan olahraga panahan di Indonesia, terkhusus Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Saat ini olahraga panahan di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir atlet-atlet berbakat dan tangguh,"kata Ismail.

Selain itu, menurutnya dengan ajang ini juga sebagai wadah bagi atlit untuk mengukur kemampuan hasil program latihan di clubnya masing-masing.

"Pada ajang ini, para atlit bisa mengasah kemampuannya dalam mengembangkan prestasi ke jenjang yang lebih tinggi, apalagi untuk atlit Sultra, akan menghadapi Porprov XIV Sultra pada tahun ini di Kota Baubau," tuturnya.

Ia menjelaskan, atlet panahan Kabupaten Kolaka sudah sering mengukir prestasi, baik itu pada kegiatan panahan se-Sultra maupun dalam ajang panahan se-Sulawesi.

"Bulan Juni tahun 2021 lalu, pada Kejuaran panahan se-Sulawesi yang digelar di Kawasan Wisata Waduk Ompo Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan (Sulsel), tim panahan Kolaka berhasil merebut medali emas, perak, dan perunggu,"ungkapnya.

Lebih lanjut pensiunan ASN Kolaka ini menerangkan, kegiatan ini dibagi menjadi dua kategori, se-Sulawesi dan se-Sulawesi Tenggara.

"Untuk se-Sulawesi, para pemanah akan bertarung di nomor Recurve putra 70 meter, Compoun putra/putri 50 meter, Standar Bow putra/putri 40 meter, Standar Bow U-15 putra/putri 30 meter. Sedangkan untuk se-Sulawesi, ada dua nomor yang diperebutkan, Bare Bow putra 50 meter dan Horse Bow putra 50 meter.

Pada kesempatan ini pula, dirinya mengajak semua atlit panahan se-Sulawesi untuk mengambil bagian dalam Kejuaran nanti.

Ismail menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mengambil peran hingga tahap persiapan kejuaran ini.

Ia berharap, kegiatan ini bisa memberi manfaat bagi semua partisipan dan sekaligus menjadi suatu momen yang dapat digunakan untuk bekerjasama hingga suksesnya pelaksanaan kegiatan nanti.

"Kerja keras, loyalitas, keseriusan serta kemauan, hanya sebagian kecil dari berbagai usaha untuk berperan dalam peningkatan olahraga khususnya panahan, olehnya itu, dukungan dari berbagai pihaklah merupakan faktor penting dari berbagai usaha yang dilakukan," pungkasnya.

Penulis: Novrizal R Topa

Baca Juga