Perpusnas RI Hadiahkan Mobil Perpustakan Keliling untuk Pemkot Depok

Gedung Perpustakaan Kota Depok di Balaikota, Jalan Margonda Depok
Gedung Perpustakaan Kota Depok di Balaikota, Jalan Margonda Depok

AKURATNEWS.COM- Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpurnas RI) memberikan hadiah berupa bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling pada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Bantuan Perpusnas RI tersebut, secara simbolis di berikan oleh Kepala Perpurnas, Muhammad Syarif Bando kepada Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono di Gedung Layanan Perpurnas yang berlokasi Jalan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta, Kamis (10/06).

"Alhamdulillah, kami berharap, bantuan dari Perpusnas RI ini bisa bermanfaat bagi warga Kota Depok yang ingin menambah ilmu pengetahuan melalui membaca buku, Sehingga literasi di Kota meningkat" kata Imam.

Dia juga mengungkapkan, selain mobil perpustakaan keliling, Pemkot Depok juga mendapatkan tiga paket taman baca masyarakat.

"Terima kasih Pak Walikota Depok yang sudah menugaskan saya ke Perpurnas, sehingga saya mendapatkan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk warga Depok, " ujar Imam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok Siti Chaerijah menyebutkan, minat baca buku warga Kota Depok setiap tahunnya meningkat.

Yakni, pada tahun 2018 sebesar 63,94 persen, di tahun 2019 meningkat menjadi 64,88 persen dan di tahun 2020 minat baca warga semakin meningkat menjadi 66,37 persen, papar Siti Chaerijah.

Siti mengatakan, kegiatan lomba mendongeng ternyata juga mampu meningkatkan minat baca pada anak-anak. Seperti yang dilakukan di Kecamatan Sukmajaya beberapa waktu lalu.

"Kami sangat berharap wilayah lain dapat melakukan hal yang sama agar anak-anak Kota Depok semakin tinggi pengetahuan literasinya," ujarnya.

"Dengan meningkatnya minat baca pada anak-anak nantinya akan mempengaruhi literasi-literasi yang dimilikinya", tambah Siti.

Diketahui, pada tahun 2019 Diskarpus Kota Depok terus menambah koleksi buku yang beragam. Hingga saat itu telah tercatat 38.767 koleksi buku yang dimiliki Perpustakaan Umum Kota Depok.

Koleksi buku yang dimiliki antara lain terdiri dari buku cetak, buku digital, dan koleksi nonmaterial. Adapun untuk jenis buku terdiri dari novel, buku anak, buku agama, dan beberapa buku pengetahuan umum yang diperlukan bagi para pelajar.

Penulis:

Baca Juga