Persiapan Ketiga Calon Gubernur, Jelang Debat Nanti Malam

Cagub dan Cawagub DKI

Jakarta, Akuratnews.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta akan menjalani debat publik pertama pada Jumat, 13 Januari. Apa yang dilakukan para paslon untuk persiapan?

1. Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni

Agus mengaku tidak punya persiapan khusus untuk menghadapi debat Jumat ini. Padahal, ini adalah kali pertama ia menghadapi dua paslon lainnya setelah absen di debat informal sebelumnya.

"Tidak ada persiapan khusus, persiapan saya ya ini, maksimalkan gerilya di tengah masyarakat sebagai persiapan debat," kata Agus.

Selain itu, putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini juga kerap berdiskusi dengan berbagai pihak, termasuk pakar keilmuan setelah ia berkampanye di suatu daerah.

Meski demikian, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan SBY juga ikut turun tangan mempersiapkan putranya. Salah satunya termasuk penampilan Agus saat debat nanti.

"Cuma Pak SBY sebagai mentor, sementara materi-materi yang akan dibahas dan diperdebatkan nanti, mas AHY yang mengatur," kata Agus Hermanto.

Saat ditanyakan soal kesiapan, Agus dengan mantap menjawab iya. "Untuk debat calon? Oh, sangat siap dong," katanya.

2. Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat

Pasangan Ahok-Djarot tampak santai untuk menghadapi sidang hari ini. Menurut Ahok, mereka sudah sering menghadapi percobaan simulasi sidang sebelum ini.

“Kan kita udah latihan, try out kemarin,” kata Ahok, merujuk pada debat informal di UIN dan Kompas TV pada akhir tahun lalu.

Keduanya juga tidak lagi membahas pembagian tugas, dan membiarkan semua mengalir seperti debat-debat sebelumnya. Ia percaya dengan kekompakan mereka yang sudah tampak sejak lama.

“Apa yang mau dikoordinasi, orang dua-duanya hatinya enggak berebut, kok,” kata Ahok.

3. Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno

Sehari sebelum debat, Anies sengaja tidak berkampanye untuk persiapan. Ia berdiskusi dengan beberapa temannya, terkait data-data dan tata kelola pemerintahan DKI Jakarta.

"Perkembangan terkait fungsi ekonomi, Kesejahteraan rakyat, seputar itu aja, kita mau diskusi nanti‎," katanya.

Anies menambahkan tidak ada persiapan khusus, apalagi cara penyampaian jawaban saat debat nanti.

Hingga kini, paslon yang diusung Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga belum melakukan simulasi. Menurut Sandiaga, hal ini karena timnya masih melakukan pemetaan.

“Mungkin simulasi dilakukan esok siang atau sore,” kata dia. Sebelumnya, pasangan ini pernah beradu gagasan dengan Basuki-Djarot di debat independen. (Muji)

Penulis:

Baca Juga