“Personal Branding-Berbudi Luhur” Tren Baru Yang Tidak Baru

Oleh : Sri Hesti Meilasari-Mahasiswi Magister Ilmu Komunikasi Budi Luhur Jakarta

Personal branding secara sederhana merupakan suatu konsep untuk memasarkan diri di mata publik. Kesan yang ditangkap oleh publik dan hal yang dibicarakan oleh publik tentang anda, itulah personal brand anda. Setiap individu memiliki personal brand yang berbeda dengan individu lain karena setiap individu meski terlahir kembar, namun memiliki keunikan diri.

Untuk memiliki personal brand yang kuat, anda harus menunjukkan sesuatu yang orisinil tentang diri anda, tidak merekayasa, konsisten, dan memberi pengaruh positif terhadap orang lain. Personal branding bagi selebriti (publik figur) sangat penting dalam menunjang karir dan meraih kesuksesan.

Memasuki era digital yang semakin meluas membuka jalan baru bagi para selebriti untuk mengkomunikasikan personal brand mereka ke publik. Penggunaan berbagai platform online berbasis internet seperti youtube, instagram, dan facebook menjadi media “pendamping” pada proses personal branding selebriti.

Penampilan selebriti di media televisi maupun media online pada faktanya telah membentuk personal brand dari para selebriti. Publik mengenal para selebriti melalui apa yang tampak di media. Untuk memunculkan suatu image yang baik kepada publik dan menarik perhatian, selebriti seringkali melakukan berbagai upaya unik di media, utamanya media social.

Postingan akan gambar-gambar, dan video menjadi bagian dari proses personal branding selebriti. Pilihan akan isi konten sangat menentukan ‘image’ yang ingin ditangkap oleh publik. Salah satu contoh selebriti yang menurut penulis membangun personal branding dengan sangat baik adalah Baim Wong. Konten yang dihasilkan dan disebar luaskan melalui channel pribadinya pada youtube, facebook maupun Instagram mendapat viewer, likes, komen positif dari jutaan orang yang mengakses postingan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa konten yang dibuat telah mengena dan mampu menarik minat publik.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga