Pertamina Cukupi Stok BBM Untuk Arus Balik Lebaran

Jakarta, Akuratnews.com - Menjelang satu hari berakhirnya libur Lebaran yang akan berakhir pada 2 Juli 2017 dimanfaatkan para pemudik untuk kembali ke kotanya masing-masing setelah melakukan mudik Lebaran.

Puncak arus mudik Lebaran diprediksi pada tanggal 1-2 Juli 2017. Hal ini mendapat perhatian khusus dari Pertamina Marketing Operation Ragion (MOR) III Jawa Bagian Barat (JBB) yang sudah siap untuk menghadapi puncak arus balik mulai dari ketahanan stok BBM dan LPG.

Ketahanan stok BBM untuk di wilayah Pertamina MOR III yang meliputi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Bagian Barat memastikan pasokan Premium, Solar, Pertamax, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex dalam posisi stok aman.

"Pertamina MOR III telah menyiapkan SPPBE kantong sebanyak 12 SPPBE menambah suplai untuk SPPBE di wilayah Bandung Raya dari Terminal Eretan dari jalur non Tol Cipali untuk mengantisipasi kepadatan saat arus balik, memastikan depot LPG maupun SPPBE dapat tetap beroperasi pada hari Minggu saat lebaran dan siap untuk penambahan jam operasi,melakukan rerouting jalur skid tank yang melewati jalur rawan macet baik itu ketika arus balik," ujar Area Manager Communication and Relations MOR III JBB, Yudy Nugraha, Sabtu (1/7/17).

Yudy menyebut, kehadiran kiosk Pertamax juga telah memberikan kemudahan bagi para pemudik untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar selama perjalanan arus balik Lebaran 2017. Pertamina MOR III mencatatkan penjualan kiosk pertamax sampai dengan 29 Juni 2017 sebanyak 34.985 liter untuk Pertalite dan Dex 5.800 liter di 19 titik lokasi kiosk pertamax yang tersebar. Untuk Mobil dispenser di Rest Area Non SPBU KM 228 Cirebon mencapai 6,700 liter.

"Strategi dan Antisipasi juga telah dilakukan Pertamina MOR III guna memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen berupa Serambi Pertamax. Serambi Pertamax yang telah beroperasi di 10 titik arus balik menghadirkan tempat peristirahatan yang nyaman didukung dengan nursing room, tempat bermain anak, relaxing room dan lain lain. Kantong BBM yang juga sudah tersedia di 24 titik lokasi sepanjang jalur mudik, 19 kios Pertamax yang menjual Produk BBK dalam kemasan di area-area Rest Area dan Checkpoint Polri Non SPBU di sepanjang jalur mudik mulai dari Gudang Beras Jalan Cibitung sampai dengan KM 228," jelas Yudy.

Yudy menambahkan, dukungan dan antisipasi arus balik ini juga terlihat dari kunjungan oleh pihak kepolisian dimana Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau rest area KM 62.

Pemantauan dan kunjungan ini guna memonitor keadaan arus lalu lintas dan kebutuhan BBM, di mana pemudik arus balik akan terjadi kepadatan karena pertemuan kendaraan dari tol Purbaleunyi dan Cipali di KM 66 yang akan menuju Jakarta.

"Pertamina MOR III sudah mempersiapkan strategi dan antisipasi untuk arus balik Lebaran. Strategi dan antisipasi ini sama dengan arus mudik lebaran kemarin. Sampai saat ini pun stock ketahanan BBM di wilayah MOR III aman begitu juga pasokan LPG. Kami juga mengimbau kepada para pemudik untuk tetap memperhatikan keselamatan berkendara selama arus mudik ini dan manfaatkan fasilitas Pertamina yang telah kami sediakan," pungkas Yudy.

(Lano)

Penulis:

Baca Juga