Pesan Gubernur Khofifah dan Tanggapan Bupati Muhdlor Terkait Industri dan Pengusaha di Sidoarjo

Sidoarjo, Akuratnews.com - Upaya agar keberadaan industri di Kabupaten Sidoarjo tetap dipertahankan dan tidak membiarkan para pengusaha hengkang ke daerah lain.

Begitu pula, potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah ini terus digali, guna terbukanya lapangan kerja baru.

Pesan itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo terlantik, Ahmad Muhdlor Ali dan Subandi, seusai menerima penyerahan jabatan dari Pj. Bupati Hudiyono, dipimpin Ketua DPRD, Usman, bertempat di Ruang Paripurna DPRD Sidoarjo, Senin (1/2).

"Agar para pengusaha tidak pergi, sebagai salah satu tugas Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yang baru, lakukan komunikasi dengan mereka, serta mencari formula berupa pemberian ruang pada mereka untuk tetap berinvestasi dan berbisnis di sini. Mengingat, industri di Sidoarjo itu terbanyak menopang PDRB Jatim hingga 30 persen. Artinya, kepercayaan mereka terhadap Sidoarjo, baik PMA maupun PMDN terbilang sangat tinggi," tuturnya.

Menanggapi pesan Gubernur Khofifah tersebut, Bupati Muhdlor menegaskan, pihaknya sudah mempersiapkan segala kebijakan dan langkah mempermudah aturan perizinan usaha di Sidoarjo.

Bahkan, dia merasa optimis dan meyakini para investor masih menempatkan Sidoarjo sebagai pilihan utama lokasi investasi, karena memiliki potensi lebih dibanding daerah lain, diantaranya, SDM di atas rata-rata (IPM yang bagus), dekat episentrum, Surabaya, terminal penumpang tipe A jalur rute jalan Nasional (penghubung antarkota dan provinsi) serta bandara Internasional bertraffic 10 juta penumpang pertahun.

"Kita akan jalin komunikasi lebih intens dengan para pengusaha, tanpa harus formal, bisa informal secara kekeluargaan bagaimana enaknya. Terpenting, masyarakat peroleh buah dari hasil pembangunan di Sidoarjo. Juga, untuk mengurangi pengangguran akibat pandemi Covid-19, kita akan dorong, perkuat dan kembangkan potensi UMKM di Sidoarjo," tandas putra Kyai kharismatik, KH. Agoes Ali Masyhuri (Gus Ali) ini.

Baca Juga