Pesawat Bertenaga Listrik Akan Segera Diuji Coba

Jakarta, Akuratnews.com - NASA bakal segera menguji coba X-57 Mod II, sebuah pesawat bertenaga listrik yang baru tiba di Armstrong Flight Research Center di California. Termasuk ke dalam X-plane, X-57 Mod II adalah pesawat yang digunakan lembaga antariksa Amerika Serikat untuk menguji dan mengevaluasi teknologi baru.

Dilansir dari Engadget, Sabtu (5/10/2019), NASA berencana untuk menempatkan sistem propulsi listrik pesawat ini melalui percobaan, dengan maksud untuk berbagi informasi perkembangan listrik di industri pesawat terbang.

NASA akan mulai dengan melakukan pengujian darat pada Mod II agar dapat mempersiapkan fase berikutnya dari proyek tersebut, yang mencakup taxi (berjalan di darat) dan selanjutnya tes penerbangan.

Belum jelas secara keseluruhan kapan hal ini akan dilakukan, tetapi konfigurasi Mod III dan IV pesawat akan memiliki sayap tidak seperti iterasi saat ini. Ketika pengujian penerbangan sudah terjadi, momen ini akan menjadi sejarah.

Pengiriman pesawat X-57 Mod II ke NASA adalah peristiwa penting, menandai dimulainya fase baru dalam proyek pesawat listrik yang menarik ini. Dengan pesawat yang kami miliki, tim X-57 akan segera melakukan pengujian darat pada sistem propulsi listrik terintegrasi untuk memastikan pesawat layak terbang.

"Kami berencana untuk cepat berbagi pelajaran berharga yang bisa dipelajari selama kami maju menuju pengujian penerbangan, membantu menginformasikan pertumbuhan pasar pesawat listrik,” kata X-57 Project Manager, Tom Rigney.

NASA akan membagikan apa pun yang dipelajarinya tentang sistem propulsi listrik pesawat dan tentang proses mencapai kelaikan udara bagi para pemain dan regulator industri.

Pada akhirnya berharap untuk membantu mengembangkan standar sertifikasi untuk pesawat listrik, termasuk kendaraan mobilitas udara perkotaan (atau mobil terbang) yang mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga