Pidato Presiden Xi Menginspirasi Bangsa Tiongkok

Presiden Tiongkok Xi Jinping

Beijing, Akuratnews.com - Himbauan terbaru Presiden Tiongkok Xi Jinping tentang ketekunan dan kerja keras telah memicu perdebatan panas dan menyebarkan inspirasi dan keyakinan di seluruh bangsa.

Xi Jinping, yang juga sekretaris jenderal Komite Pusat PKT dan ketua Komisi Militer Pusat, memberikan salam Festival Musim Semi untuk semua warga Tiongkok pada hari Kamis pada sebuah resepsi di Beijing atas nama Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan Dewan Negara.

Resepsi dipimpin oleh Li Keqiang. Pemimpin partai lainnya termasuk Zhang Dejiang, Yu Zhengsheng, Liu Yunshan, Wang Qishan dan Zhang Gaoli juga hadir.

Festival Musim Semi tahun ini, atau Imlek, jatuh pada 28 Januari 2017.

Dalam sambutannya Xi memuji pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang berkelanjutan serta reformasi yang mendalam selama tahun 2016, dengan merujuk pada peningkatkan kehidupan rakyat, aturan lanjutan dari hukum dan pemerintahan yang ketat dari PKT, serta kemajuan dalam perang melawan kemiskinan .

Populasi penduduk miskin Tiongkok yang tinggal di pedesaan menurun dari 770 juta menjadi  55,75 juta antara tahun 1978 dan 2015.

Selama beberapa dekade, pengentasan kemiskinan telah menjadi prioritas utama dalam agenda kebijakan Tiongkok. Xi mengatakan, dalam tur inspeksinya ke utara Provinsi Hebei, Tiongkok, bahwa memerangi kemiskinan adalah tugas yang mendasar dalam membangun masyarakat yang sejahtera.

Namun dia mengatakan pengentasan kemiskinan semakin sulit ketika mendekati akhir.

Kata-katanya diulangi oleh Tang Jianzhen, seorang pejabat yang bertanggung jawab atas pengentasan kemiskinan dan pembangunan atas Henan Mongolia Autonomous County di barat laut Provinsi Qinghai.

"Meskipun kami berhasil keluar dari daftar nasional untuk kabupaten miskin, tugas untuk memastikan semua warga memperoleh hak mereka sebagai warga masyarakat dengan baik tetap sesuatu yang sulit," katanya, "Kita seharusnya tidak merasa nyaman saat ini."

Dalam sambutannya, Xi juga menekankan bahwa Tionkok sangat menghargai kasih sayang dan kebenaran sejati. Dia mengatakan setiap orang harus memperlakukan orang lain dengan kejujuran dan ketulusan, dan terbuka dan adil dalam hidup.

Dia juga meminta bangsanya untuk menghormati orang Tiongkok yang rajin dan berani serta pahlawan bangsa, veteran dan semua yang berkontribusi untuk pembangunan negara.

"Orang-orang Tiongkok memiliki impian besar, tetapi juga memiliki semangat besar untuk bekerja keras dan menanggung penderitaan untuk mewujudkan mimpi tersebut," kata Xi.

Ia berharap bahwa di bawah kepemimpinan PKT, semua orang di negara dapat menyingsingkan lengan baju mereka untuk bekerja keras untuk membangun masyarakat sejahtera, mencapai inovasi besar, dan membangun komunitas yang saling berbagi untuk seluruh umat manusia.

Shi Haimei, pelatih tenis meja dari Kota Anshan di Provinsi Liaoning, memaknai pidato Xi untuk bekerja keras.

"Semuanya melalui kerja keras dan pelatihan, seperti yang dilakukan tim nasional kita dengan baik dalam Olimpiade Rio," kata Shi, yang melatih Ma Long, nomor satu dunia di awal karirnya.

"Bukan hanya olahraga, tidak ada yang bisa dicapai tanpa kerja keras. Tidak ada jalan pintas," katanya. (Farhan)

Penulis:

Baca Juga