Pilkada Kota Depok 2020

Koalisi Gemuk Partai Pendukung Pradi-Afifah Cuma Menang di Limo

Depok, Akuratnews.com- Pilkada Depok berdasarkan hasil rekapitulasi formulir C-hasil-KWK yang masuk ke sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) KPU hingga Senin,(14/12/2020) pagi, menunjukan raihan suara sementara koalisi gemuk pendukung Pradi Supriatna -Afifah Alia hanya mampu unggul di wilayah Kecamatan Limo Kota Depok.

Diusung 6 partai politik yang bercokol di 33 kursi di parlemen yakni Gerindra, PDI-P, Golkar, PAN, PKB, dan PSI, tampak belum mampu merubah hegemoni tiga dekade PKS di Kota Depok.

Hal itu terbukti dengan dominasi perolehan suara pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono di 10 wilayah Kecamatan di Depok raihan angkanya mencapai 415.305 suara atau 55,6 persen dari 4015 TPS di Depok.

Perolehan suara Pradi-Afifah yang diusung banyak parpol hanya mampu peroleh 331.822 suara atau 44,4 persen. Suara terbesar hanya menang di wilayah Limo yakni 20.990 suara hasil hitung KPU versi Sirekap yang telah capai 100 persen.

Sedang hasil sementara Pilkada Depok pada 10 wilayah lain di Depok yang juga telah capai perhitungan 100 persen dimenangi pasangan Idris-Imam.

Keunggulan pasangan Idris-Imam pada wilayah Kecamatan lainya raihan angkanya juga terlihat jauh mendominasi hasil rekapitulasi suara versi Sirekap yang kini capai 100 persen.

Untuk diketahui, data yang ditampilkan pada menu hitung suara adalah data yang hasil foto formulir model C.hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Dalam laman kpu.go.id dijelaskan juga, hasil data rekapitulasi yang ditampilkan pada menu hitung suara laman resmi KPU, apabila terdapat kekeliruan data pada formulir model C hasil-KWK, akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat Kecamatan.

Meski demikian, dari sumber data yang sama dan ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam rapat pleno terbuka.

Penulis:

Baca Juga