Pilpres 2024, Sandiaga Uno Berpeluang Gandeng Puan dan Ganjar

Cawapres no urut 2 Sandiaga Uno pada saat menghadiri acara Rabu Bincang Seru di Jakarta. Rabu (21/11). foto: Dany Krisnadhi/ANCphoto

Jakarta, Akuratnews.com - Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., disebut akan maju pada pemilihan presiden atau Pilpres 2024 dengan teman koalisi, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Sandiaga Uno, Kawendra Lukistian menghatakan, semua kemungkinan itu bisa terjadi. Karena, kata Kawendra Lukistian, perjalanan politik itu dinamis, sehingga apapun bisa saja terjadi pada masa mendatang. "Politik 'kan dinamis bangat, semua kemungkinan bisa terjadi," kata Kawendra Lukistian, Sabtu (26/09/2020).

Meski demikian, Kawendra Lukistian menekankan masih jauh untuk membicarakan Pilpres 2024. Menurutnya saat ini Sandiaga masih fokus dalam menjalankan tugasnya di partai Gerindra sebagai Wakil Ketua Dewan Pembiana.

"Yang jelas bang Sandi saat ini fokus mengemban amanah untuk memimpin Gerindra bersama pak Prabowo. Masih banyak hal yang lebih prioritas harus dipikirkan saat ini ketimbang berpikir Pilpres 2024," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, Sandiaga Uno diprediksi akan kembali ke panggung pemilihan presiden dan wakil presiden 2024 setelah kalah pada Pilpres 2019.

Kemungkinan tersebut, menurut pengamatan ahli hukum tata negara Refly Harun, terlihat dari getolnya Sandiaga Uno melakukan safari. Bahkan, Sandiaga aktif di kanal Youtube dan menggunakan sarana media sosial untuk berinteraksi dengan sebanyak mungkin orang.

“Wajar dia tidak begitu frontal terhadap kekuasaan yang ada saat ini,” kata Refly Harun di saluran Youtube-nya, Sabtu (26/09/2020).

Pilpres 2024 diprediksi akan sangat berbeda dengan Pilpres 2019. Pertama, profil pemilih berubah drastis. Pada pemilu yang akan datang, populasi pemilih kalangan milenial akan lebih banyak. Kedua, karena milenial mendominasi, isu yang muncul tentu berubah.

Menurut prediksi Refly Harun, di Pilpres 2024, kecil kemungkinan Sandiaga Uno kembali berduet dengan Prabowo Subianto. “Tentu tidak mungkin dengan Prabowo. Sebagai partai besar PDIP ingin satu kursi itu di dirinya. Masalahnya adalah di PDIP ada dua tokoh yang menonjol, satu adalah Ganjar Pranowo, dua adalah Puan Maharani,” tutur Refly.

“Ganjar sebenarnya lebih leading, tapi darah birunya 'kan di Puan Maharani. Lalu di Gerindra, ada dua orang pula yang disebut-sebut menonjol. Satu adalah Prabowo yang identik dengan Gerindra, dua adalah Sandiaga Uno yang tidak terlalu identik sesungguhnya,” sambungnya.

Sebaliknya Anies Baswedan yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta juga memiliki peluang untuk maju bersama Sandiaga Uno. Berdasarkan hasil survei, Anies Baswedan hampir selalu tinggi elektabilitasnya. Akan tetapi, dari sisi logistik, Sandiaga Uno jauh lebih kuat.

Penulis: Redaksi

Baca Juga