Pipa PDAM Depok Jebol, Suplai Air Untuk Pelanggan Diklaim Aman

Lokasi jebolnya pipa PDAM Tirta Asasta Depok di Jalan Merdeka, Sukmajaya Depok, Minggu, (10/4).
Lokasi jebolnya pipa PDAM Tirta Asasta Depok di Jalan Merdeka, Sukmajaya Depok, Minggu, (10/4).

AKURATNEWS- Jebolnya pipa PDAM Tirta Asasta sempat buat Jalan Merdeka, Sukmajaya Depok digenanggi air dan lumpur pada Minggu, (10/4) lalu diklaim tak beri dampak tersendatnya suplai air kepada warga sebagai pelanggan.

Hal itu ditegaskan pihak PDAM Tirta Asasta Depok pasca jebolnya pipa distribusi 400 mm pasca dikerjakan PT Dharma Nusa Putra, dengan nilai proyek Rp.11,8 miliar.

"Pipa jebol saat dilakukan pengetesan hasil pemasangannya dengan tekanan 10 bar. Karena belum kita operasikan jadi tidak ada pelayanan yang terganggu," kata
Direktur Operasional PDAM Tirta Asasta Depok Sudirman, Senin,(11/4).

Menurut Sudirman, pipa PDAM yang jebol itu lantaran dilakukan uji coba kekuatan pipa pasca dipasang pihak kontraktor.

"Kami melakukan pengetasan tekanan. Prosedur kita setiap pekerjaan pemasangan pipa selalu dilakukan pengetesan selama 2x24 jam" kata Sudirman.

Pipa yang alami jebol itu merupakan hasil kerja proyek pengadaan dan pemasangan pipa distribusi utama yang dikerjakan mulai dari IPA Legong sampai dengan Polsek Sukmajaya Depok.

Pelaksanaan pekerjaan itu masih belum diserahterimakan dari kontraktor kepada PDAM Tirta Asasta Depok. "Masih dalam pelaksanaan belum serah terima. Sedang di perbaiki ini," aku Sudirman.

Diketahui, jaringan distribusi yang baru dipasang itu, sedianya untuk menyuplai kebutuhan air bersih ke sepanjang Jalan Raya Bogor arah Jakarta mencakup wilayah Kecamatan Cimanggis dan Kecamatan Tapos Kota Depok.

Sebelumnya, genangan air dan lumpur di Jalan Merdeka, Sukmajaya akibat jebolnya pipa milik PDAM itu sempat ditangulangi pihak Damkar Depok.

Sebanyak 12 orang personil dan unit kendaraan kapasitas 1000 liter dari pos Merdeka dikerahkan lakukan penyemprotan badan jalan yang ditutupi luapan air bercampur tanah merah.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga