PJS Bupati Wakatobi Himbau ASN Netral Dalam Pilkada 2020

PJS Bupati Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadiq
PJS Bupati Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadiq

Wakatobi, Akuratnews.com - Pelaksana Jabatan Sementara (PJS) Bupati Kabupaten Wakatobi, Aslaman Sadiq menghimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tetap menjaga netralitas dalam Pilkada 2020 ini.

"Saya himbauan kepada seluruh ASN dilingkupi Pemerintah daerah (Pemda) Wakatobi, agar netral, jangan terlibat politik praktis," Minggu, (27/9/2020)

Menurutnya, seorang ASN wajib bersifat netral dalam kondisi apapun, apa lagi saat ini telah ada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI), dimana ditegaskan akan ada sangsi bagi ASN yang tidak netral dalam Pilkada.

"Ada SKB 4 Menteri dengan ketua Bawaslu pusat, jika ASN ketahuan tidak netral, maka ada ancaman hukumannya, baik hukuman ringan, sedang dan berat," ungkapnya

Bahkan ia akan pantau dan awasi langsung pergerakan ASN, bahkan ia akan membentuk tim pemantau ASN.

"Apa lagi ada laporan, saya akan panggil langsung ASN itu. Dan jika terbukti maka kita akan berikan sangsi sesuai peraturan yang berlaku," paparnya

Bahkan dalam waktu dekat ia berencana akan menggelar ikrar apel netralitas ASN, agar dalam menghadapi pesta demokrasi ASN tidak terlibat politik praktis.

Ia juga mengajak, masyarakat Wakatobi agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketentraman serta menjaga agar pemilu serentak ini berjalan dengan aman.

Karo Umum Setda Sultra ini, dilantik sebagai PJS Bupati Wakatobi pada tanggal 25 September 2020. Ia akan mengisi jabatan Bupati Wakatobi hingga hingga 5 Desember 2020.

Penulis: Novri R Topa

Baca Juga