PKB Duduki 16 Kursi DPRD Sidoarjo

Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah (tengah) bersama Komisionir KPU Sidoarjo dan sejumlah perwakilan Parpol usai rapat pleno terbuka penetapan suara Parpol dan Caleg terpilih di Hotel Luminor, Sidoarjo.

Sidoarjo, Akuratnews.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ditetapkan sebagai pemenang dalam kontestasi perebutan kursi DPRD Sidoarjo 2019-2024 yang digelar 17 April 2019 silam.

Kemenangan yang diraih PKB tersebut, Partai ini menempatkan calon legislatif terpilih untuk menduduki enam belas kursi dari lima puluh kursi DPRD Sidoarjo.

Hal itu sebagaimana dikemukakan Ketua KPU Sidoarjo, M. Iskak saat acara "Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Sidoarjo Pemilu 2019" diselenggarakan di Hotel Luminor, Sidoarjo, Senin (22/7/2019).

"Suara terbanyak diraih PKB. Perolehan suara Dapil Sidoarjo I sampai VI dimenangkan dua - tiga Caleg PKB, total partai ini mendapatkan enam belas kursi DPRD Sidoarjo," jelasnya.

Selanjutnya, Iskak mengatakan, tiga hari pascapenetapan, pihaknya akan mengajukan usulan ke Gubernur Jatim untuk melantik Caleg terpilih.

"Diharapkan, pelantikan Caleg terpilih sesuai rencana, 21 Agustus 2019. Tapi, bisa maju, bisa juga mundur, karena pelantikan itu kewenangan Gubernur. Untuk diketahui, usai penetapan dan pengajuan ke Gubernur, berarti tugas KPU selesai," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya melaksanakan rapat pleno penetapan ini, karena diketahui tidak ada masalah berkaitan dengan administrasi dan sengketa sesama Caleg.

"Karena tak ada sengketa dan masalah administrasi, itu alasan kami melakukan penetapan," tandasnya.

Berikut urutan perolehan kursi DPRD Sidoarjo Periode 2019-2024 yang diraih sejumlah Parpol peserta Pemilu 2019: 1. PKB (16 kursi); 2. PDI-P (9 kursi); 3. Gerindra (7 kursi); 4. PAN (5 kursi); 5. Golkar (4 kursi); 6. PKS (4 kursi); 7. Demokrat (2 kursi); 8. Nasdem (2 kursi); 9. PPP (1 kursi).

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi

Baca Juga